/blog/yuk-intip-berapa-estimasi-biaya-servis-rutin-mobil

Yuk Intip, Berapa Estimasi Biaya Servis Rutin Mobil?

28 Feb 2019

Aktivitas sehari-hari memang makin mudah kalau pakai mobil pribadi. Tapi, kalau kita sudah memutuskan punya mobil, berarti kita juga harus siap untuk merawatnya. Kita mau tak mau harus mengeluarkan usaha dan duit supaya mobil tetap awet.

Soalnya nih, kalau kita malas melakukan servis rutin, performa mobil bisa turun drastis bahkan sampai mogok di jalan. Perbaikannya malah jadi lebih mahal. Apalagi ketika ingin ganti mobil, harga jual mobil lama bisa meluncur drastis.

Nah, supaya kejadian tersebut tidak terjadi sebaiknya kita tahu kapan melakukan servis rutin dan berapa biayanya. Dengan begitu, kita bisa menyiapkan budget dengan akurat sehingga tidak menggangu rencana finansial.

 

"baca juga : fungsi spooring dan balancing dalam perawatan mobil"

 

Lalu, kapan mobil harus diservis? 

Setiap komponen mobil punya waktu servis rutin berbeda. Namun penandanya sama, yaitu berdasarkan jumlah kilometer yang telah ditempuh. Berikut ini beberapa hal terkait dengan waktu ideal untuk melakukan servis rutin mobil.

1. Jarak tempuh mobil mencapai 1000 kilometer
Lakukan pengecekan terhadap chassis, bodi, oli mesin, sistem pendingin mesin, rem, transmisi, dan power steering.

2. Mobil telah mencapai 30.000, 50.000, dan 70.000 kilometer
Lakukan pengecekan terhadap oli mesin, mesin, dan ban mobil

3. Mobil mencapai 20.000, 60.000, 100.000 kilometer
Lakukan pengecekan terhadap sistem bahan bakar, sistem kemudi, dan suspensi

4. Mobil mencapai 40.000, 80.000, 120.000 kilometer
Diagnosis terhadap busi, oli mesin, kompresor, minyak rem, filter udara, canister sistem. Jika kondisinya sudah aus/rusak, segera ganti komponen tersebut.

 

Pertanyaan berikutnya, berapa biaya servisnya?

Biaya servis mobil bersifat fluktuatif alias bisa berubah-ubah tergantung kondisi ekonomi, kebijakan pemerintah, atau kondisi lain seperti nilai tukar mata uang, faktor harga bahan bakar, hari raya, musim liburan sekolah, kenaikan upah dan lain-lain. 

Selain itu, setiap bengkel juga punya kebijakan masing-masing terkait biaya servis mobil. Harga juga bisa jadi berbeda tergantung jenis mobilnya. Semakin mahal harga mobil, servisnya tentu lebih mahal pula. Namun secara garis besar, biaya tersebut bisa diprediksi sebagai berikut:

- Servis jika mobil telah mencapai 10.000 kilometer estimasi biayanya Rp 400.000 hingga Rp 600.000.
- Servis jika mobil telah mencapai 40.000 kilometer estimasi biaya servisnya Rp 1 juta sampai  Rp 1,2 juta.
- Servis mobil saat mencapai 80.000 kilometer estimasi biaya servisnya Rp 2,6 juta sampai Rp 3 juta.

Nah, demikian tadi beberapa hal terkait waktu dan biaya servis rutin mobil. Namun harga tersebut bisa jadi lebih mahal kalau ada komponen yang diganti. Lumayan ya, apalagi kalau ketika harus servis, ternyata gaji belum cair. 

Tapi kejadiannya bisa lain kalau beli mobil di showroom mobil bekas terpercaya seperti mobil88. Selain menjamin kualitas mobil, kami juga memberikan benefit tambahan untuk setiap pembelian mobil di mobil88.

Konsumen bisa mendapatkan benefit yang menguntungkan seperti free service 1 tahun, free car detailing, dan free insurance.

Artinya, mobil yang dibeli di mobil88 pasti awet karena dapat servis rutin, bodi mobilnya tetap kinclong, dan aman karena ada asuransi. Semua keuntungan ini bisa didapatkan setiap pembelian mobil merek apapun di mobil88.

Selain itu, mobi88 juga punya banyak penawaran menarik seperti DP atau cicilan ringan. Jadi, keluarga bisa senang tanpa rasa khawatir. Yuk cek stok mobil kami sekarang.

 

Berikut ini stok mobil bekas di mobil88 :

- Stok mobil bekas Toyota
- Stok mobil bekas Honda
- Stok mobil bekas Daihatsu
- Stok mobil bekas lainnya

Live Chat
Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan