×

blog/tips-mudah-cara-memilih-mobil-irit-bbm

Tips Mudah Cara Memilih Mobil Irit BBM

24 Nov 2020

Dalam memilih mobil tentu saja terdapat banyak faktor yang perlu dipertimbangkan, dan salah satu faktor yang paling penting yang menentukan keputusan dalam membeli mobil ialah konsumsi bahan bakarnya atau biasa disingkat BBM. Hal ini tentu sangat logis, BBM merupakan salah satu pengeluaran terbesar dari mobil itu sendiri, tentu saja banyak orang yang cenderung akan memilih mobil dengan konsumsi BBM yang irit karena akan membantu menghemat uang dan bisa digunakan untuk keperluan yang lain.

Nah, untuk memilih mobil yang irit BBM ternyata tidak sulit kok. Berikut adalah uraian tips yang berguna untuk sahabat mobil88 yang sedang mencari mobil yang irit BBM.

 

Baca juga : Ini Perbedaan Pertalite dan Pertamax Yang Mungkin Belum Kamu Tahu

 

Perhatikan Kapasitas Mesinnya

Indikator paling mudah yang bisa dilihat untuk menentukan mobil tersebut irit atau boros BBM adalah dari kapasitas mesinnya. Biasanya mobil bensin dengan cc dibawah 2.000cc atau mobil diesel dengan cc dibawah 2.500cc memiliki konsumsi BBM yang irit. Apalagi jika mobil tersebut sudah dilengkapi dengan fitur fitur terkini seperti misalkan teknologi katup variabel, Turbocharger, dan lain sebagainya.

Memang, tidak selalu mobil dengan kapasitas mesin diatas itu memiliki konsumsi BBM yang boros, namun perlu kita ketahui pula dengan kapasitas mesin yang besar, maka tenaga mobil yang dihasilkan pun akan semakin besar. Dengan tenaga mobil yang semakin besar, tentu konsumsi bahan bakar akan sedikit lebih banyak dari biasanya.

 

Perhatikan Dimensi Mobil

Tidak hanya kapasitas mesin saja yang menjadi tolok ukur konsumsi BBM, dimensi dan berat mobilpun menjadi salah satu yang berpengaruh. Semakin besar dan berat dimensi mobilnya tentu akan semakin menggunakan tenaga mesin yang besar untuk menggerakkanya.

Jika kamu mencari mobil yang irit BBM, carilah mobil dengan ukuran yang pas dan dengan berat yang ringan, karena daya mesin bekerja tentu akan lebih ringan dibandingkan mobil dengan cc sama namun dengan ukuran dan berat yang lebih besar.

 

Baca Juga : Wajib Tahu, Ini Dia Tips Beli Mobil Bekas Berusia Di Atas 10 Tahun

 

Perhatikan Penggerak dan Transmisi Mobil

Hal lain yang sangat mempengaruhi konsumsi BBM mobil ialah penggerak dan transmisi mobil itu sendiri. Ada 4 Jenis penggerak yaitu FWD (Penggerak Roda Depan), RWD (Penggerak Roda Belakang), 4WD (Penggerak 4 Roda) dan AWD (Penggerak 4 Roda Permanen). Untuk masalah kehematan bahan bakar tentu juaranya adalah FWD, karena bobot yang cenderung ringan serta power loss yang minim membuatnya irit bahan bakar.

Sedangkan yang paling tidak hemat bahan bakar ialah mobil dengan penggerak AWD, 4 roda yang digerakkan mesin secara permanen dan bobot yang cenderung lebih berat membuat daya mesin harus extra dalam menjalankan mobil, ini tentu saja akan berpengaruh terhadap konsumsi BBM yang lebih boros.

Tidak hanya penggerak saja, transmisi mobil juga memegang peranan penting. Mobil dengan transmisi manual cenderung lebih irit dibandingkan dengan transmisi automatic. Hal ini dikarenakan RPM yang cenderung lebih rendah dibandingkan dengan mobil bertransmisi automatic dan bobot penggerak yang lebih ringan. 

 

Perhatikan Bentuk Mobil

Hal terakhir yang perlu diperhatikan jika ingin memilih mobil yang irit BBM ialah bentuk dan aerodinamika dari mobil itu sendiri. Mobil yang berbentuk mengotak biasanya banyak menahan hambatan udara sehingga mesin akan bekerja lebih keras dibandingkan mobil dengan desain melandai yang aerodinamis. 

Jadi bagaimana sahabat mobil88? Merasa mobilmu saat ini sangat boros BBM dan sedang ingin menggantinya dengan yang baru? Kamu bisa lho menjual mobil lamamu di di mobil88! Harga dijamin kompetitif dan proses jualnya pun mudah, aman dan cepat.

Tunggu apalagi? Yuk jual mobilmu dan temukan ratusan mobil bekas berkualitas di mobil88. Kunjungi www.mobil88.astra.co.id

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan