×

blog/shampo-sebabkan-cat-mobil-kusam-benarkah

Shampo Sebabkan Cat Mobil Kusam, Benarkah?

15 Sep 2020

Rajin mencuci mobil tapi kok cat mobil kamu malah jadi kusam? Mungkin pertanyaan ini sering muncul dibenakmu saat melihat kondisi cat mobilmu sekarang. Padahal mobilmu bisa dibilang umurnya belum terlalu tua, masih tiga sampai lima tahun pemakaian.

Kok bisa? Biasanya cat mobil kusam karena pemakaian yang sudah lama dan mobil sering terjemur di bawah sinar matahari saat parkir. Tapi mobil kamu selalu parkir di dalam garasi yang atapnya tertutup, tapi kok cat mobilnya bisa cepat kusam? Nah, mungkin inilah penyebabnya:

Perhatikan Kadar PH Pada Shampo

Saat mencuci mobil, kamu juga harus perhatikan jenis shampo mobil yang dipakai, jangan sembarang menggunakan shampo mobil hanya karena harganya murah. Biasanya shampo yang murah ini mengandung potensial hidrogen (ph) terlalu tinggi, sehingga menjadi penyebab cat mobil malah cepat kusam.

Untuk itu, sebaiknya kamu perhatikan kadar ph di dalam kandungan shampoo, ya. Produk yang baik untuk cat mobil itu yang memiliki kandungan PH di bawah 10. Atau kalau bisa kandungan PH- nya 7 akan lebih bagus lagi sehingga tidak akan merusak lapisan dari cat itu sendiri. Kalau terlalu tinggi atau lebih dari 10 maka bisa cepat merusak cat bodi mobil. 

Baca juga : Inilah Bahaya Disinfektan Pada Cat Mobil dan Cara Mengatasinya

Jamur Pada Bodi Mobil

Selain itu, cat kusam juga bisa disebabkan adanya jamur di bodi mobil. Penyebabnya, yaitu setelah dicuci, lalu malam hari karena embun dan besok paginya mobil tidak dilap. Lama kelamaan bisa menimbulkan jamur, jadi lebih baik selalu merawatnya dengan baik. 

Hindari Mencuci Dibawah Terik Matahari

Perhatikan juga ketika mencuci mobil, usahakan di tempat yang teduh dan parkirkan mobil di tempat yang datar untuk menghindari air mengendap di celah-celah bodi mobil. Hindari mencuci di bawah terik matahari dan dalam kondisi mesin panas, karena akan menimbulkan bercak air atau busa sabun di permukaan kendaraan. Bercak ini juga bisa membuat lapisan cat menjadi kusam. 

Baca juga : Cuci Mesin Mobil Bisa Dilakukan Sendiri Dirumah, Ini Bagian Yang Wajib Dibungkus Agar Tak Korslet

Kalau cat mobil kamu sudah kusam, daripada menghabiskan dana lagi untuk mengecat ulang seluruh bodi, lebih baik ganti mobil lama kamu dengan yang lebih muda. Langsung saja cek stok mobilnya di mobil88, karena semua mobil kondisinya dijamin masih prima dan kinclong. 

Sekarang ini kalau beli mobil bekas di mobil88 kamu enggak perlu repot datang ke showroom. Cukup dari rumah saja, tinggal akses ke mobil88 e-store lalu pilih mobil mana yang kamu incar. 

Sekarang ini mobil88 memiliki program COD (Car On Delivery), di mana kamu bisa membeli mobil cukup dari rumah saja, dan untuk sesi test drive akan langsung diantar oleh pihak mobil88 ke rumah kamu. Lebih menguntungkannya lagi, semua proses COD ini free biaya antar showing, lho.

Yuk, langsung saja cek stok unit mobilnya di https://www.mobil88.astra.co.id/cari-mobil

×

Mau credit mobil TDP cuma 16 juta? Chat kami sekarang!

Live Chat
Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan