×

blog/sejarah-nissan-serena-medium-mpv-yang-mewah-nan-lega

Sejarah Nissan Serena, Medium MPV yang Mewah nan Lega

01 Feb 2021

Siapa yang tidak kenal dengan Nissan Serena? Salah satu pelopor medium MPV sliding door di Indonesia yang pertama kali diperkenalkan di tanah air pada tahun 1996 ini masih terus laris manis hingga sekarang.

Di awal kehadiran mobil ini, memang penjualannya agak lesu. Ini dikarenakan masyarakat Indonesia yang belum familiar dengan format MPV Sliding Door dengan fitur yang melimpah. Di kala itu mobil kelas medium masih didominasi oleh sedan yang sering menjadi representasi kemewahan masyarakat Indonesia.

Namun tahun demi tahun berganti dan selera konsumen pun berubah seiring dengan kebutuhan yang berubah. Nissan Serena akhirnya bisa merebut hati masyarakat Indonesia mulai dari generasi keduanya. Nah, penasaran kan tentunya dengan medium MPV Nissan yang satu ini? Yuk simak perkembangannya dari generasi ke generasi!

Nissan Serena C23, Generasi Pertama

Nissan Serena C23 adalah Nissan generasi pertama yang diluncurkan di Indonesia. Model ini pertama kali keluar tahun 1996. Bentuk Serena ini paling berbeda dengan generasi selanjutnya karena bentuknya sangat membulat.

Pada generasi ini, Serena belum diterima dengan baik oleh masyarakat Indonesia. Karena mobil MPV yang terlaris saat itu yakni Toyota Kijang dan Isuzu Panther mempunyai bentuk yang berbeda jauh dengan Nissan Serena yang lebih kearah medium MPV yang mewah. 

Baca Juga : Sejarah Nissan Livina, LMPV Nissan yang Fenomenal

Namun berbicara soal fitur, mobil ini termasuk yang terlengkap dikelasnya. Ia memiliki all power window yang dikala itu termasuk fitur yang jarang. Mobil ini juga telah dilengkapi dengan tilt steering dimana fitur tersebut sangat langka ditemui di mobil dikelasnya.

Mobil ini ditenagai dengan mesin GA16DE, mesin ini memiliki kapasitas 1.600 cc dengan 4 silinder yang punya output sebesar 120 dk dengan torsi 146 Nm pada 4000 rpm yang dipadukan dengan transmisi manual 5 percepatan dan automatik 4 percepatan.

Nissan Serena C24, Generasi Kedua (1999-2012)

Nissan Serena C24 atau Generasi 2 ini diluncurkan pertamakali pada tahun 2004. Mobil ini mulai diterima di Indonesia karena pergeseran kebutuhan kendaraan yang mulai melirik MPV Sliding Door sebagai pilihan mereka.

Baca juga : Nissan Juke, SUV Kompak yang Unik!

Desain bodynya sudah sangat berubah dari generasi pertama. Mobil ini memiliki bentuk yang kini lebih mengotak dari sebelumnya sehingga menguatkan kesan mewah dan luas. Tidak hanya itu, kini fiturnya pun menjadi semakin mewah dan lengkap dengan hadirnya monitor untuk kursi belakang serta jok kulit yang sudah menjadi standar di varian HWS.

Mobil ini juga memiliki mesin baru yaitu unit QR20DE  2.000 cc (1998 cc) dengan 4 silinder DOHC, yang mampu mengeluarkan tenaga sebesar 147 dk melalui transmisi otomatis 4-percepatan dengan torsi maksimal 198 Nm pada 4000 rpm.

Nissan Serena C25, Generasi Ketiga (2005-2010)

Tak banyak informasi mengenai Nissan Serena generasi ketiga ini. Selain karena memang diluncurkan pertama kali di Jepang dan bukan di Indonesia, di jepang sendiri mobil ini memiliki kembaran yaitu Suzuki Landy. Yap, bukan hanya kembaran, namun bisa dibilang mobil ini memang dipasarkan di jepang dengan nama Suzuki Landy. Nissan Serena generasi ketiga pernah dijual di Indonesia secara CBU melalui importir umum, walaupun di dealer resmi Indomobil Nissan masih menjual Nissan Serena generasi kedua secara CKD.

Nissan Serena C26, Generasi Keempat (2010-2018)

Nissan Serena generasi selanjutnya yang diluncurkan di Indonesia adalah generasi berkode C26 atau generasi keempat. Di Indonesia, Nissan tidak mengeluarkan model C25 atau Generasi 3 secara resmi sehingga kehadirannya di lompati langsung dengan model generasi C26 atau generasi 4.

Baca juga : Bekas Keren : Nissan March, Hatchback Lucu yang Irit

Nissan Serena C26 ini memiliki siluet bentuk yang mirip dengan C24. Namun kali ini sentuhan mengotaknya semakin banyak sehingga kesan MPV Boxy yang mewah semakin terpancar dari bentuk dan paras mobil ini. Mobil ini tampilannya kalau bisa dibilang mengikuti sang kakak Nissan Elgrand yang berada di kelas yang lebih tinggi, sehingga tidak jarang banyak yang bilang Nissan Serena C26 ini adalah baby Elgrand.

Tidak hanya eksteriornya saja yang berubah menjadi lebih mewah. Interior pada Nissan Serena C26 ini juga tampil lebih high tech dan mewah karena penggunaan dashboard model bertingkat dan speedometer full digital yang nyaman serta mewah dilihat. Kursi tengah pada mobil ini juga bisa digeser kiri kanan sesuai kebutuhan sehingga memaksimalkan kenyamanan penumpang.

Soal urusan mesin, mobil ini menganut mesin MR20DE  2.000 cc (1997 cc) dengan 4 silinder DOHC yang sama dengan generasi 4 C25 yang tidak masuk resmi di Indonesia.

Nissan Serena C27 Generasi Kelima (2016-sekarang) (h2 : font size 18px)

Pada tahun 2019, Nissan Serena C27 alias Generasi kelima hadir di Indonesia. Kali ini perubahan yang dialami cukup signifikan dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Desain fascia depannya sudah menganut lampu bertingkat khas MPV mewah dan memiliki tarikan garis yang tegas serta elegan. Lampu belakangnya juga memiliki desain baru yang terlihat jauh lebih elegan dan dinamis.

Bicara urusan fitur, untuk serena C27 generasi kelima ini juga makin berlimpah. Salah satu fitur spesial yang biasa hadir di mobil kelas diatas 1 miliar Rupiah adalah Kick Sensor pada pintu geser kanan dan kiri, sehingga akses penumpang jadi jauh lebih mudah. Fitur seperti ini juga berguna disaat penumpang sedang membawa barang bawaan yang banyak sehingga membuka pintu tidak perlu menekan handle, cukup mengayunkan kaki dibawah pintu dan pintu akan otomatis terbuka.

Masuk ke urusan dapur pacu, tidak ada perubahan dibandingkan dengan Nissan Serena C26. Alias masih menganut dapur pacu MR20DE  2.000 cc (1997 cc) dengan 4 silinder DOHC.

Nah bagaimana sahabat mobil88? Tertarik untuk memiliki MPV mewah yang lega ini? Bagi sahabat yang tertarik dengan Nissan Serena bekas dengan kondisi terjamin dan berkualitas, sahabat bisa langsung membelinya di mobil88 atau melakukan trade in dengan mobil lama kamu disini. Jual dan trade in mobil semakin mudah di mobil88!


Ingin tahu ada stok mobil apa saja di mobil88 saat ini? Kunjungi www.mobil88.astra.co.id/cari-mobil

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan