blog/sejarah-lahirnya-daihatsu-terios-di-indonesia

Sejarah Lahirnya Daihatsu Terios di Indonesia

17 Agu 2019

Daihatsu Terios pertama kali lahir di Indonesia pada akhir 2006 tepatnya di bulan Desember. Hadirnya Daihatsu Terios merupakan SUV hasil kolaborasi antara PT Astra Daihatsu Motor (ADM) dengan PT Toyota Astra Motor (TAM) yang juga melahirkan Toyota Rush. 

Meski hasil kolaborasi antara dua pabrikan Jepang, namun untuk produksi dan pengembangan produknya diserahkan ke Daihatsu. Terios sendiri memiliki arti ‘membuat mimpi menjadi kenyataan’, karena itulah Daihatsu mengembangkan kendaraan ini untuk menjadi yang terdepan dikelasnya. 

Lahirnya Terios ini bertepatan dengan berakhirnya era Daihatsu Taruna. Jadi bisa dibilang Terios ini adalah penerus Taruna dalam lini model Daihatsu di Indonesia. Hasilnya adalah sebuah SUV kompak dengan tampilan gagah dan harga terjangkau. 

Saat itu Daihatsu dan Toyota juga berusaha memenuhi kebutuhan konsumen Indonesia yang ingin sebuah SUV dengan harga terjangkau. Untuk bersanding dengan mobil keluarga sejuta umat, Avanza dan Xenia. 

Daihatsu menggarap Terios untuk konsumen keluarga yang membutuhkan kendaraan tangguh. Mobil ini harus bisa untuk harian dan bisa menampung banyak penumpang, serta sanggup melibas jalanan yang rusak. 

Generasi Pertama Daihatsu Terios

Daihatsu Terios dirancang berdasarkan model yang telah ada sebelumnya di Jepang dengan nama Daihatsu Be-Go, yang telah diluncurkan pada Januari 2006 dan telah diekspor ke berbagai negara di Asia, Oseania, Eropa, Timur Tengah dan Amerika Selatan. 

Daihatsu Terios dirancang supaya sesuai dengan permintaan pasar Indonesia. Perbedaan utama model Terios Indonesia dengan Be-Go yang dipasarkan di Jepang ini terletak pada desain body-nya yang 14 cm lebih panjang dan memiliki kapasitas 7 orang penumpang. Jadi meski bentuknya yang kompak untuk sebuah SUV, tapi ternyata ruang kabin Terios ini terbilang cukup lega dan ideal untuk keluarga Indonesia. Dengan begitu, sektor ruang kabin yang dibawanya tersebut menjadi salah satu kelebihan Daihatsu Terios yang cukup memikat hati para pembelinya.

Daihatsu Terios sendiri hadir dengan mesin 4 silinder berkapasitas 1.500 cc, dengan pilihan transmisi manual lima percepatan dan transmisi otomatis empat percepatan. 

Hasilnya mobil SUV garapan pabrik asal Jepang ini mampu berlari maksimal 109 Ps/6000 rpm dan torsi sebesar 14.4 kgm / 4400 rpm. Bahkan, untuk urusan konsumsi bahan bakarnya pun juga sangat efisien dan irit yang irit yang juga menjadi salah satu kelebihan Daihatsu Terios berkat dibenamkannya sebuah teknologi Electronic Fuel Injection. 

Di Indoensia, Terios dipasarkan dalam tiga varian, yaitu TS, TX A/T, dan TX M/T. Tapi masih ada lagi, varian TS dipisahkan menjadi Standar dan Standar plus Extra. Kemudian varian TX dipilah lagi menjadi Standar, Elegant, dan Adventure yang masih dibagi dalam pilihan transmisi manual dan otomatis.

New Daihatsu Terios 2010

Pada 2010 Daihatsu menghadirkan model facelift dari Terios. “The New Daihatsu Terios kini hadir dengan konsep desain ‘Stylish and Adventure SUV’, Di mana penyempurnaan di bagian styling baik eksterior maupun interior, membuat semakin sporty, serta penambahan dan penyempurnaan beberapa fitur untuk meningkatkan kenyamanannya, sebagai 7-seater SUV.

The New Daihatsu Terios hadir dalam 4 varian factory standard, yaitu TS M/T, TS A/T, TX M/T dan TX A/T, dengan 6 pilihan warna. Untuk aksesoris, disediakan paket Extra untuk variant TS dan Adventure TX.

Daihatsu menyempurnakan desain eksterior baru untuk New Terios mulai dari front grille dan bumper depan yang lebih kokoh dan air dam lebih lebar dan aerodinamis, membuat penampilan The New Daihatsu Terios semakin sporty. Pada bagian samping, Daihatsu Terios tampil lebih dinamis dan trendy dengan memakai desain velg yang baru. Sementara di bagian belakang, bumper mendapat revisi desain dan dilengkapi dengan reflector yang lebih terang dan lampu belakang dengan tipe clear lens.

Di dalam kabin, semakain mewah berkat hadirnya warna dan motif baru, yang sedikit lebih gelap dari sebelumnya. Selain itu, perubahan signifikan terlihat pada disain Dashboard yang baru yang mengaplikasikan integrated head unit yang menyatu dengan center meter cluster, dilengkapi dengan tombol audio pada setir.

Untuk meningkatkan kenyamanan, 7-seater SUV ini dilengkapi tambahan fungsi baru, di mana kursi pengemudi dapat diatur ketinggiannya sesuai dengan postur tubuh. Serta pengaplikasian 1-touch tumble yang memudahkan keluar masuk penumpang ke baris ketiga, serta sandaran kursi baris ketiga yang dapat dilipat terpisah sesuai kebutuhan.

Selain itu, karakteristik coil spring dan shock absorber juga mengalami penyempurnaan, yang membuat penumpang di baris ketiga lebih nyaman serta kestabilan berkendara yang lebih baik. Insulator juga disempurnakan sehingga menghasilkan suhu kabin yang lebih dingin, terutama saat mesin idle.

Penggunaan teknologi EPS (Electronic Power Steering) pada sistem kemudi membuat The New Daihatsu Terios lebih nyaman dikendarai, karena setir lebih ringan dan konsumsi bahan bakar juga lebih hemat 6% dari versi yang lama. 

Daihatsu New Terios 2013

Tiga tahun kemudian, pada 2013 Daihatsu resmi meluncurkan Daihatsu new Terios. New Terios ini hanya mendapat tambahan fitur keselamatan yaitu dual airbag dan sabuk pengaman pretensioner dan force limiter. Serta fasilitas penahan kepala dan seat belt bagi 7 penumpangnya. Selain itu, AC double blower dan cabin air filter juga telah disematkan pada seluruh varian.

Penyegaran di sisi eksterior Daihatsu new Terios yang turut dirombak dengan perubahan pada front dan rear bumper guard, over fender dan side stone guard. Sementara pada edisi tertinggi TX telah dilengkapi spare wheel cover, rear spoiler dan spion retractable.

Generasi Kedua All New Terios

Setelah hampir 12 tahun bertahan dengan model ala-ala jip dengan ban serep di pintu belakang, Daihatsu akhirnya memperbaharui Terios di penghujung 2017. Sosok generasi terbaru Daihatsu Terios bentuknya berubah total tanpa ban serep belakang.

Desain ini memang sempat kontroversial, karena menghilangkan kesan SUV tangguh sebagaimana generasi pertama. Terios generasi kedua ini punya ban cadangan yang di simpan di bawah kolong mobil. Mengubah posisi ban serep dan desain secara keseluruhan rupanya membuat bobot Terios jadi makin berat. 

Daihatsu Terios generasi kedua ini juga dibekali mesin generasi baru yaitu 2NR-VE 1.500 yang juga sudah digunakan duet kembar Xenia dan Avanza sejak 2015. Mesin ini dikenal irit, namun tetap memiliki performa yang optimal. Daihatsu Terios generasi terbaru ini tersedia dalam dua pilihan tipe, yaitu 1.5 X, 1.5 X Deluxe, 1.5 R dan 1.5 R Deluxe.

Desain eksterior All New Terios lebih mewah dan modern. Pada bagian depan, perubahan juga terjadi pada gril dan bemper. Gril kini lebih lebar dan menyatu dengan lampu utama. Selanjutnya pada lampu belakang, bentuknya lebih sipit mengikuti gaya Toyota Fortuner dengan lampu LED.

Sementara pada bagian atap, sekarang sudah menggunakan Shark Fin Antenna (sirip hiu) sehingga penampilannya kini semakin modern. Padahal, sebelumnya Daihatsu masih menyematkan antena biasa dibagian belakang. Daihatsu sebagai penanggung jawab pengembangan lantas juga meningkatkan fitur dan peranti safety pada All New Terios. SUV ini sekarang sudah menggunakan digital Auto AC untuk mengatur suhu kabin.

Selanjutnya fitur keselamatan sudah dilengkapi dengan Anti Lock Brake System (ABS) dan Electronic Brakeforce Distribution (EBD) pada seluruh varian. ADM pun menyediakan fitur Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill Start Assist (HSA) pada varian tertinggi.

Fitur VSC berfungsi untuk mencegah oversteer dan understeer, sedangkan fitur HSA membantu akselerasi setelah berhenti di tanjakan. Ditambah lagi ada fitur emergency stop/brake signal yang memberi tanda kepada pengguna jalan di belakang.

Nah, jika menginginkan Daihatsu Terios bekas, maka solusinya terdapat di mobil88. Di sini Anda akan mendapatkan Daihatsu Terios dengan kondisi bagus, bahkan usianya tidak terlalu tua. Di mobil88 ada jaminan berupa buyback guarantee untuk pembelian merek dan tipe mobil apapun. Jika ada salah satu dari poin garansi yang tidak sesuai, Anda tidak akan merugi karena mobil itu bisa dibeli kembali. 

Untuk mengetahui berapa kisaran harga mobil Daihatsu Terios, cukup mengecek dan melihatnya langsung di www.mobil88.astra.co.id.

Live Chat
Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan