×

blog/penting-inilah-4-faktor-utama-penyebab-terjadinya-aquaplaning

Penting, Inilah 4 Faktor Utama Penyebab Terjadinya Aquaplaning

25 Nov 2020

Berkendara saat musim hujan perlu kewaspadaan lebih lantaran permukaan jalan basah dan licin, sehingga lebih rentan terjadi kecelakaan. Salah satu penyebabnya adalah karena Aquaplaning. Mungkin beberapa dari kita belum mengetahuinya, inilah faktor utama terjadinya Aquaplaning.

Aquaplaning adalah kondisi ban mobil kehilangan traksi pada permukaan jalan karena melibas genangan air, sehingga ban seperti melayang dan tidak menempel ke jalan. Selain karena genangan air, biasanya penyebab utama Aquaplaning adalah karena faktor kecepatan mobil itu sendiri.

Meski begitu, sebenarnya ada banyak faktor kenapa aquaplaning bisa terjadi seperti berikut ini. 

 

1. Kecepatan Mobil

Kecepatan mobil menjadi faktor utama, karena saat mobil dipacu kencang dan menerabas genangan air, maka akan membuat mobil terangkat seperti melayang lurus ke depan. Akibatnya mobil tidak bisa dikendalikan, dan kamu bisa mengalami kecelakaan karena tekanan permukaan ban terhadap air yang menggenang lebih minim.

Selain itu, semakin kencang kecepatan mobil maka akan membuat bobot kendaraan terasa lebih ringan sehingga bisa menyebabkan kendaraan mudah terangkat ketika bertemu genangan air. Prinsipnya seperti kamu menaiki perahu cepat, yang ketika kecepatan ditambah maka kapal akan terlihat seperti melayang atau terbang di atas air.

 

2. Ban Mobil Tipis

Ban mobil yang tipis juga menjadi salah satu penyebab terjadinya aquaplaning karena tidak bisa memecah genangan air dengan baik. Untuk itu, sebelum berkendara di musim hujan seperti sekarang ini jangan lupa untuk cek kondisi ban kendaraan kamu, ya.

Ban dengan kondisi yang sudah tipis bisa menyebabkan aquaplaning pada kecepatan sekurangnya 75 km/jam. Sementara itu, ban yang masih baru pun bisa menyebabkan aquaplaning, walaupun pada kecepatan 88 km/jam. Jadi, meski ban baru pun kamu harus tetap hati-hati dan kontrol kecepatan mobil. Seperti diketahui, sehebat apapun, ban punya keterbatasan kemampuan dalam membuang genangan air.

 

Baca juga : Tekanan Angin Pada Ban Mobil Tidak Boleh Kurang Atau Lebih, Ini Alasannya

 

3. Desain Kembang Ban

Selain ban tipis, perhatikan juga desain kembang ban mobil kamu. Biasanya kalau desainnya untuk balap maka akan lebih mudah tergelincir saat kondisi hujan. Misalnya ban semi slick dipakai untuk jalan basah, karena memang bukan peruntukannya.

 

4. Dalamnya Genangan Air

Semakin dalam genangan air yang kamu hajar dengan kecepatan tinggi maka risiko terjadi aquaplaning semakin besar. Tidak hanya itu, jika melewati genangan air yang dalam juga bisa merusak komponen mobil kamu, lho.

 

Baca juga : Mobil Bisa Terobos Banjir, Tapi Ingat Batas Amannya

 

Itulah 4 faktor utama yang dapat menyebabkan Aquaplaning pada mobilmu. Jika kamu sudah beberapa kali mengalami hal ini karena kondisi ban mobilmu memang sudah tidak mumpuni lagi untuk dikendarai saat musim hujan, dan kamu berencana ingin mengganti mobil lamamu, jangan lupa jual mobilnya di mobil88 ya.

Di mobil88, kamu tidak hanya bisa beli mobil bekas lho, tapi kamu juga bisa menjual mobil lamamu dengan cepat. Kamu tidak perlu repot-repot menjual di banyak marketplace dan membutuhkan waktu lama untuk mencari pembelinya. Di mobil88, kamu cukup isi formulir yang ada di halaman ini : https://www.mobil88.astra.co.id/mobil88/in/hubungi-kami/sell-car , caranya mudah dan prosesnya juga tidak berbelit-belit.

Selanjutnya, tim mobil88 akan menghubungi kamu untuk melanjutkan ke proses menaksir secara langsung dan memberikan penawaran harga dengan nilai yang sesuai kondisi kendaraanmu. Jika ada kesepakatan, proses transaksi dilakukan langsung di cabang terdekat atau di rumahmu.

Setelah deal, kamu pun akan segera menerima uang dalam bentuk transfer dalam waktu yang 1x24 jam. Selama proses ini kamu juga tidak akan dikenakan biaya perantara atau komisi apapun kepada siapapun termasuk tim mobil88. Untuk informasi lebih lanjut hubungi 0804-1-000088.

 Untuk lebih detil bagaimana cara jual mobil dengan cepat di mobil88 bisa langsung cek di artikel ini “Jual Mobil Cepat & Aman Hubungi mobil88 Sekarang! Cukup #DariRumahAja”

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan