×

blog/mobilmu-juga-perlu-dimanjakan-lakukan-hal-ini-mumpung-libur-panjang

Mobilmu Juga Perlu Dimanjakan, Lakukan Hal Ini Mumpung Libur Panjang

29 Des 2020

Libur panjang akhir tahun sudah dekat, bagi kamu yang berencana untuk liburan bersama keluarga tentunya hal ini sudah dinantikan. Tapi jika kamu masih belum berani untuk berlibur keluar kota atau ke tempat wisata, ada baiknya kamu manfaatkan libur panjang ini untuk memanjakan mobil kesayangan. 

Sesekali kamu manfaatkan waktu untuk merawat mobil kesayangan agar tetap terjaga tampilan dan juga fungsinya. Ada beragam kegiatan yang bisa kamu lakukan untuk memanjakan mobil kesayangan kamu seperti berikut ini.

Mencuci Mobil

Kesibukan sehari-hari pastinya membuat kamu tidak pernah mencuci mobil sendiri, tapi selalu membawanya ke tempat cuci mobil atau salon mobil. Nah mumpung kamu libur, tidak ada salahnya nih coba cuci mobil kesayangan sendiri. 

Dengan mencuci mobil sendiri biasanya kamu jadi tahu bagian-bagian mana di mobil yang ada lecet atau bahkan baret yang tidak kamu sadari. Tapi ingat, jangan mencuci mobil di bawah terik sinar matahari karena bisa membuat air cepat menguap dan meninggalkan bekas. Jangan juga di bawah pohon rindang karena bisa menjatuhkan kotoran, seperti getah, daun, atau kotoran binatang.

Baca juga : Cuci Mesin Mobil Bisa Dilakukan Sendiri Dirumah, Ini Bagian Yang Wajib Dibungkus Agar Tak Korslet

Pertama, siapkan alat yang dibutuhkan seperti sampo, sikat platik, dan kain mikrofiber. Beri perhatian lebih pada bagian tersembunyi, seperti kolong mobil dan ban. Ruang mesin juga dibersihkan. Tapi, jangan disemprot air. Kamu cukup mengelapnya dengan lap basah supaya tidak mengganggu kelistrikan mobil.

Pastikan juga semua bagian kering sempurna dan tidak meninggal jejak noda yang bisa berubah jadi noda jamur. Keringkan pula area yang sering terlupakan, seperti sela pintu, handle pintu, dan kaca spion.

Poles Ringan 

Dengan mencuci mobil sendiri pastinya kamu jadi sadar ada banyak bagian mobil yang lecet halus dan bercak kotoran yang tidak hilang dengan dicuci biasa. Maka kamu bisa lakukan poles ringan sendiri nih. 

Untuk alat dan obat poles bisa kamu dapatkan di toko aksesori mobil atau di marketplace. Namun perlu diingat juga untuk tidak asal pilih, sebaiknya kamu konsultasikan dengan penjual apa kebutuhanmu agar tidak timbul masalah baru. 

Baca juga : Shampo Sebabkan Cat Mobil Kusam, Benarkah?

Bagian yang wajib mendapatkan perawatan paling awal adalah kaca depan. Sudah paham dong betapa kotornya kaca depan mobil? Apalagi saat musim hujan seperti ini jika tidak langsung dibersihkan biasanya meninggalkan bercak seperti jamur yang tidak hilang dengan mencuci mobil.

Untuk bagian bodi mobil, sebaiknya kamu mulai dari area kap mesin dan atap. Kedua area itulah yang rentan kena sinar matahari langsung dan hawa panas mesin sehingga akan lebih cepat memudar.

Bersihkan Kabin Mobil

Selesai dari luar, jangan sampai lupa untuk bersihkan bagian dalam alias kabin mobil. Ini bagian yang paling sering terlupakan kebersihannya padahal kalau setiap hari berkendara paling tidak kamu akan menghabiskan waktu sekitar 4-6 jam per hari di dalam mobil. 

Supaya nyaman, sebaiknya dibersihkan secara detail untuk bagian kabin ini. Bersihkan semua karpet dan untuk bahan karet bisa kamu cuci, tapi untuk bahan kain bisa dibersihkan dengan vacuum cleaner.

Sedot juga bagian kolong kabin mobil dan area jok sampai ke pinggirnya. Bersihkan pula tempat duduk, panel pintu, dan dasbor dengan pembersih noda untuk mengembalikan kilaunya. Biasanya, ada 3 bahan dasar interior mobil, yaitu fabric atau kain, kulit, dan plastik. Sesuaikan bahan pembersih yang digunakan dengan material kabin tersebut. 

Cek Ban Serep

Ini juga bagian yang sering terlupakan, maka sekarang saatnya untuk melakukan pengecekan pada ban serep atau ban cadangan mobil. Untuk mobil sedan, ban serep biasanya ada di kolong bagasi. Sembari membersihkan bagasi, kamu bisa sekaligus membersihkan ban serep beserta ruang penyimpanannya.

Baca juga : Kenali Tanda-tanda Ban Mobil Sudah Perlu Spooring

Untuk mobil MPV biasanya terletak di kolong mobil bagian belakang. Untuk membersihkannya kamu harus turunkan dulu ban ini. Hal serupa juga berlaku untuk ban serep yang diletakkan di pintu bagasi. Setelah bersih, pastikan untuk mengecek tekanan angin ban cadangan tersebut.

Periksa Bagian Mesin dan Kolong Mobil

Selagi kamu membersihkan mobil, sebaiknya periksa juga di bagian mesin serta kolong mobil. Inspeksi bisa dimulai dari oli mesin. Perhatikan kembali kapan terakhir ganti oli mesin. Periksa pula kondisi air radiator, oli transmisi matik, minyak rem dan kopling manual, air aki, serta cairan pembersih kaca mobil. Tambah kalau kurang dan ganti kalau sudah waktunya diganti.

Untuk bagian kolong mobil, perhatikan jika ada rembesan oli atau cairan lainnya di bawah mesin. Periksa pula kondisi kaki-kaki, baik depan maupun belakang. Kalau ada karet yang pecah atau sudah getas berarti waktunya diganti. Kalau ragu, bawa ke bengkel untuk melakukan spooring dan balancing. Dari situ bisa dilihat apakah kaki-kaki mobil kamu bermasalah serius atau hanya butuh disetel ulang.

Sudah puas merawat mobil kesayangan tapi ternyata setelah dibersihkan sendiri ada banyak bagian mobil yang memang sudah perlu diperbaiki. Nah kalau mobil kamu sudah di atas lima tahun ada baiknya ganti dengan mobil yang lebih muda. Kalau mau menjual mobil lama tak perlu repot pasang iklan di marketplace, karena di mobil88 prosesnya lebih cepat lho! 

Khususnya di saat pandemi seperti sekarang ini, jika ingin menjual mobil lama maka kamu cukup mengisi formulir yang ada disini. Kamu tidak perlu datang ke lokasi mobil88, nanti tim dari mobil88 yang akan datang untuk melakukan inspeksi kendaraan. Menarik, bukan?

Paling penting adalah, jika terjadi kesepakatan maka kamu bisa segera menerima uang dalam bentuk transfer dalam waktu yang 1x24 jam.

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.mobil88.astra.co.id 

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan