×

blog/mengenal-michelin-uptis-ban-mobil-tanpa-angin

Mengenal Michelin Uptis, Ban Mobil Tanpa Angin

24 Nov 2020

Di zaman sekarang ini, dimana banyak teknologi yang dulu hanya bisa ditemukan di mobil konsep, kini sudah bisa mulai ditemui di mobil zaman sekarang. Misalkan saja teknologi mobil listrik yang dulu merupakan teknologi masa depan dan di sekarang ini sudah banyak mobil listrik yang mulai dipasarkan di Indonesia.

Nah, selain teknologi mobil listrik, ada salah satu teknologi canggih ala masa depan yang kini sudah mulai masuk ke lini produksi massal. Teknologi itu ialah ban tanpa angin yang memungkinkan mobil untuk berjalan tanpa angin ban sedikitpun. Produsen ban yang pertamakali memperkenalkan produk ini ialah Michelin, dengan produknya yaitu Michelin Uptis.

 

Michelin Uptis : Ban Futuristis Tanpa Angin

Melihat sosok Michelin Uptis ini, mungkin sahabat mobil88 akan menyangka ban ini hanya pajangan saja dan tidak dapat digunakan, tetapi ternyata tidak lho. Dibalik bentuknya yang tidak biasa dan terkesan futuristis dengan rongga dibagian dinding tengahnya, Michelin Uptis menawarkan pengalaman berkendara baru dimana para pengguna mobil tidak perlu menambahkan tekanan angin pada ban karena ban ini sendiri tidak menggunakan angin.

Sebagai pengganti tekanan angin untuk menahan beban mobil dan penumpang didalamnya, Michelin Uptis ini memiliki struktur khusus yang terbuat dari fiber dan komposit sehingga ia kuat menopang beban. Ban ini sendiri telah dites kekuatannya berbarengan dengan produsen otomotif asal Amerika terbesar yaitu General Motors (GM), sehingga dipastikan ban ini akan aman untuk digunakan sehari hari di berbagai situasi jalan.

 

Baca juga : Tekanan Angin Pada Ban Mobil Tidak Boleh Kurang Atau Lebih, Ini Alasannya

 

Kelebihan Ban Michelin Uptis

Tentu saja dengan struktur ban seperti ini, Michelin Uptis memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan ban pneumatis biasa yang mengandalkan tekanan angin sebagai penopang beratnya. Yang pertama adalah dari segi keamanan dan kenyamanannya, karena tidak menggunakan angin, ban ini tidak mungkin mengalami bocor angin / pecah.

Gejala gejala seperti under inflated (kempes) / over inflated (tekanan terlalu tinggi) pun bisa diminimalisir, sehingga mobil ini dapat stabil digunakan di medan seperti apapun, bahkan di bebatuan tajam yang berpotensi membuat ban angin biasa menjadi bocor.

Yang kedua adalah dari segi ramah lingkungan. Tentu saja di dunia ini banyak limbah ban yang sudah dibuang padahal belum sampai masa pakainya dikarenakan mengalami bocor lumayan parah / bocor samping. Dengan teknologi Airless nya ini, hal itu dapat diminimalisir sehingga ban bisa dipakai sesuai dengan masa pakainya dan tentu saja hal itu akan memangkas limbah karet secara signifikan.

 

Baca Juga : Cara Membaca Kode Ukuran Ban Mobil

 

Michelin sendiri akan mulai memproduksi ban ini di tahun 2024 mendatang. Kita semua berharap ban ini akan terus dikembangkan, karena ban seperti inilah yang dibutuhkan di masa mendatang, yaitu suatu inovasi yang menjawab tantangan masa depan dimana durabilitas dan efisiensi menjadi salah satu faktor penting

Nah, bagaimana sahabat mobil88? Tertarik untuk menggunakan ban ini nantinya? Sabar ya, karena walupun sudah di prosuksi massal di tahun 2024 mendatang, namun kita belum tahu di tahun berapa ban ini akan mulai di eksport ke Indonesia. 


Oh iya, buat kamu yang saat ini ban mobilnya sudah mengalami bocor terus menerus dan ingin menggantinya dengan mobil baru yang memiliki kondisi lebih prima, kamu bisa lho mencarinya di mobil88. Bahkan kini membeli mobil bekas di mobil88 menjadi sangat mudah karena adanya layanan Car On Delivery (COD), dengan layanan COD ini, kamu bisa test drive dan membeli mobil bekas dari rumah saja dan tidak lagi ribet. Penasaran bagaimana caranya membeli mobil dari rumah dengan layanan COD? Kunjungi artikel berikut : Cek dan Test Drive Mobil Idaman Kamu #DariRumahAja Tanpa DP, Free Delivery Dengan COD mobil88

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan