×

blog/mengenal-fitur-intermittent-pada-wiper-mobil

Mengenal Fitur Intermittent pada Wiper Mobil

24 Nov 2020

Kita semua tentu tahu fungsi wiper sebagai salah satu perangkat keamanan yang berguna untuk menghalau air dari permukaan kaca. Apalagi ketika musim hujan seperti ini, tentu kehadiran wiper sangatlah penting untuk menyeka kaca dari air hujan yang turun dan menghalangi pandangan pengemudi.

Wiper pada mobil cara kerjanya juga bermacam-macam, ada yang bergerak berbarengan, ada yang ukuran wiper kanan lebih besar dari wiper kiri, ada yang mempunyai satu wiper yang bergerak ke kiri dan ke kanan, serta masih banyak lagi. Selain cara kerjanya yang bermacam macam, wiper juga memiliki mode yang berbeda beda pula, lho.

Mode yang berbeda beda tersebut berguna untuk menentukan intensitas penghapusan air pada mobil. Nah bagi kalian yang memiliki mobil diatas tahun 2005, biasanya kalian akan menemukan mode penghapusan wiper yang dinamai dengan Intermittent atau tertulis INT pada saklar wiper. Mode ini merupakan mode gerakan wiper yang hanya sekali sekali saja sehingga air hujan rintik dapat tersapu tanpa harus mengganggu pandangan pengemudi. Kedengarannya memang sepele, tapi ternyata ada sejarah panjang yang cukup unik kenapa bisa ada mode Intermittent pada Wiper, mau tahu lebih detailnya? Yuk simak penjelasan dibawah

 

Muncul Karena Rasa Jengkel

Penemu fitur wiper Intermittent tak lain dan tak bukan ialah Robert Kearns, salah satu penemu ulung berkebangsaan Amerika. Kisah ini bermula di tahun 1963, dimana Kearns yang memiliki mobil Ford Galaxy merasa risih karena harus bolak balik menyalakan dan mematikan wiper mobilnya karena intensitas air hujan yang turun sedikit.

Bagi Kearns, hal ini sangatlah menjengkelkan karena setiap hujan rintik turun ia harus berulang ulang menyalakan wipernya, disaat itu wiper hanya bisa dinyalakan dan dimatikan saja. Jedanya tidak bisa diatur maupun kecepatannya juga tidak bisa.

Atas dasar rasa jengkel itu, lalu Kearns mulai membuat sebuah rangkaian listrik tambahan yang disambungkan pada motor wiper Ford Galaxynya. Rangkaian listrik yang dibuat itu berguna untuk memutus dan menyambungkan daya motor wiper secara otomatis sehingga wiper dapat memiliki jeda yang sangat berguna untuk hujan rintik.

 

Baca Juga : Sebelum Nekat Terobos Banjir, Pelajari Dulu Tekniknya!

 

Ditemukan di Amerika tapi Digunakan Massal Pertamakali di Prancis

Setelah menemukan penemuan yang brilian ini, Kearns lalu mematenkan fitur ini di negara asalnya yaitu Amerika Serikat. Namun uniknya walaupun dipatenkan di Amerika, ternyata mobil dari negara Prancis lah yang pertamakali menggunakan paten teknologi Intermittent ini untuk mobil mereka.

Tercatat, mobil yang pertamakali menggunakan fitur ini sebagai standar ialah Citroen SM, mobil dari negara Prancis dan menggunakan Intermittent untuk produksi massal di tahun 1970. Fitur Intermittent yang digunakannya juga cukup canggih, jeda wipernya bisa disetel sesuai kebutuhan mulai dari 2 detik, 4 detik hingga tiap 7 detik sekali. Canggih ya!

Nah bagaimana menurut sahabat mobil88? Sudah siapkah menghadapi musim hujan dengan fitur Intermittent pada mobil? 

Sebagain informasi tambahan, buat kamu yang mau beli mobil bekas tapi terkendala cuaca yang buruk karena musim hujan sedang melanda, kini tidak usah khawatir lagi karena mobil88 kini menyediakan layanan COD, dimana kamu bisa test drive mobil bekas incaranmu langsung dari rumah saja. Praktis kan?


Untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan COD ini, silahkan kunjungi artikel berikut : Cek dan Test Drive Mobil Idaman Kamu #DariRumahAja Tanpa DP, Free Delivery Dengan COD mobil88

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan