×

blog/mengenal-apa-itu-ecu-mobil-dan-fungsinya

Mengenal Apa itu ECU Mobil dan Fungsinya

17 Feb 2020

Di era modern ini teknologi pada kendaraan bermotor pun terus berkembang, salah satunya adalah mobil berteknologi injeksi. Nah, di mobil berteknologi injeksi ini ada istilah yang kerap didengar yaitu ECU (Electronic Control Unit). Memang ini bukan teknologi yang benar-benar baru, tapi hingga saat ini masih digunakan di mobil-mobil berbahan bakar konvensional.

Sesuai namanya alat atau komponen ini berfungsi sebagai sistem sirkuit elektronik utama pada sebuah mobil yang mengontrol satu atau lebih sistem atau subsistem dari sebuah kendaraan pada era modern ini.

Kehadiran kontrol unit elektronik ini membuat pengapian kendaraan menjadi lebih efisien, irit bahan bakar, bahkan ada yang bisa mendeteksi kerusakan serta menyesuaikan kinerja pengapian sesuai kebutuhan kendaraan.

 

Fungsi ECU pada Mesin Injeksi

Sebelum adanya ECU khusus pencampuran bahan bakar, campuran udara terhadap bahan bakar, pengukuran waktu pengapian, dan kecepatan putaran mesin dilakukan secara mekanis. Kini dengan adanya ECU pada mesin injeksi, semuanya dapat dengan mudah dikendalikan dengan basis komputer yang ditanamkan dalam data sistem tersebut.

Keberadaan ECU pada mesin injeksi merupakan komponen inti yang menentukan jumlah bahan bakar yang harus disuplai ke dalam mesin. Program komputer akan menerima beberapa data dan menggerakkan mesin sesuai dengan takaran yang dibutuhkan.

ECU juga menentukan durasi injeksi bahan bakar pada injector (alat penyuplai bahan bakar), dengan cara menentukan kapan waktu yang tepat untuk memberikan campuran udara dan bahan bakar kepada mesin.

Tidak hanya itu saja, tapi ECU juga berfungsi sebagai pengatur beberapa sistem penting pada mobil. Antara lain mengatur identifikasi kunci mobil, mengatur kinerja kipas pendingin mesin, menghidupkan alarm mobil saat ada gangguan, dan berbagai macam fungsi penting lainnya.

 

Jenis-Jenis ECU di Mobil

Semua fungsi atau fitur-fitur yang ada dalam sebuah kendaraan, itu dapat bekerja karena adanya bantuan satu alat teknologi yaitu ECU yang cukup canggih yang menangani dan memberi perintah kapan alat atau fitur-fitur mobil itu bekerja.

Tapi ECU ini tidak hanya ada satu saja, terutama di mobil-mobil modern sekarang ini. Sebenarnya ada banyak jenis ECU di dalam satu mobil yang memiliki tugasnya masing-masing. Misalnya Electronic/engine Control Module (ECM), Powertrain Control Module (PCM), Transmission Control Module (TCM), Brake Control Module (BCM or EBCM) dan lainnya.

Bahkan, sebuah kendaraan produksi masa kini bisa memiliki lebih dari 80 buah ECU yang mengontrol semua sistemnya. Saat ini, mobil keluaran terbaru memiliki banyak sekali fitur-fitur sebagai pelengkap untuk kenyamanan berkendara. Semakin tinggi teknologi yang dimiliki sebuah kendaraan atau mobil kamu, maka semakin banyak fitur yang ditanamkan ke dalam mobil tersebut.

Perlu kamu ketahui juga bahwa ECU ini merupakan unit controller yang mengatur kinerja suatu sirkuit elektrikal keseluruhan pada sebuah mobil.

 

1.ECM (Engine control module)

ECM atau Engine Control Module adalah modul yang secara khusus mengatur kinerja mesin. Dari mulai proses starting, penyalaan busi, injeksi bahan bakar, hingga proses pendinginan.

 

2.TCM (transmission control module)

TCM atau Transmission Control Module adalah modul yang hanya ada pada mobil bertransmisi otomatis dan befungsi untuk mengatur perpindahan dan moment transmisi sesuai RPM mesin dan kondisi berkendara.

 

3.BCM (body control module)

BCM atau Body Control Module adalah modul yang secara khusus mengatur kinerja kelistrikan mobil, seperti lampu, klakson, wiper, hingga sistem hiburan pada dashboard.

 

4.PCM (powertrain control module)

Powertrain Control Module atau PCM ini khusus mengatur kinerja sistem powertrain mobil. Modul PCM ini biasanya akan memastikan aliran tenaga dari mesin sampai ke roda dengan efisien. Modul PCM ini secara khusus hanya ada pada beberapa jenis mobil saja, biasanya mobil dengan penggerak empar roda atau all wheel drive.

 

5.ABS Control Module

Untuk modul yang satu ini kamu mugkin sudah sering kali mendengarnya. Iya ABS Control Module ini adalah modul yang diletakan pada mobil berteknologi rem ABS. Fungsinya mengatur sistem pengereman untuk mencegah roda terkunci atau slip pada saat berada di jalanan licin. Modul ini juga berperan dalam beberapa sistem keselamatan seperti elektronik stability system (ESC) dan hill start assist (HSA).

 

6.Airbag Control Module

Ini adalah modul untuk keselamatan yakni sistem airbag yang memiliki tugas untuk mengembangkan kantung udara apabila terjadi benturan keras pada mobil.

 

7.HVAC Control Module

Modul ini juga hanya dapat ditemui pada mobil yang mengusung auto AC system. Module ini memungkinkan pengendalian sirkulasi kabin secara otomatis sesuai kondisi cuaca di dalam dan di luar kabin.

Sama seperti komponen dan bagian lainnya dari mobil, ECU pun bisa mengalami kerusakan. Umumnya, kerusakan ECU mobil disebabkan oleh beberapa hal. Dua hal di antaranya ialah jarak tempuh mobil yang sudah cukup jauh serta faktor usia kendaraan tersebut.

Serta komponen ini sangat sensitif terhadap air, sehingga jika terendam banjir maka hal pertama yang harus dicek adalah pastikan komponen ECU ini kering. Karena jika sudah mengalami korsleting maka dipastikan biaya yang harus kamu keluarkan cukup mahal. 

×

Tanya mobil, harga, kredit atau lainnya? Chat aja!

Live Chat
Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan