×

blog/jangan-disepelekan-inilah-penyebab-mesin-mobil-overheat

Jangan Disepelekan, Inilah Penyebab Mesin Mobil Overheat

09 Sep 2020

Di era New Normal seperti saat ini dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, sebagian besar aktifitas sudah dapat kita lakukan kembali, seperti bekerja dari kantor, berolahraga, bersekolah, atau bahkan pergi liburan dengan bepergian keluar kota.

Satu hal yang sangat penting yang harus kita lakukan sebelum bepergian keluar kota adalah jangan lupa lakukan pengecekan pada kendaraan yang akan kita gunakan. Jika menempuh perjalanan jauh, tidak hanya melakukan pengecekan pada mesin tapi juga komponen penunjang lainnya seperti radiator juga sangat penting.

 

Peran Penting Radiator Bagi Kendaraan

Biasanya pemilik mobil kerap melupakan pentingnya fungsi pendingin mesin ini, padahal keberadaan radiator sangat penting ketika melakukan road trip. Komponen pendingin mesin ini mempunyai peran yang sangat vital pada mobil untuk menjaga kondisi mesin tetap stabil. Bukan tidak mungkin,  jika radiator mobil sampai bermasalah, maka bisa mengakibatkan gagalnya rencana liburan kamu dan keluarga lho!

Pengecekan radiator ini biasanya juga hanya berkutat pada ketinggian jumlah air. Padahal salah satu komponen radiator yaitu tutup radiator, memiliki peran yang tak kalah penting dengan air sebagai pendinginnya. 

 

Baca juga : Selain Aki, Inilah Penyebab Mobil Susah di Starter

 

Radiator Penyebab Mesin Mobil Overheat

Ketika sedang berkendara dan indikator suhu mesin tiba-tiba naik dari biasanya, ini menandakan adanya malfungsi pada sistem pendinginan. Saat suhu mesin terlalu panas, melebihi suhu kerja maksimalnya, cairan radiator akan disirkulasikan. Jika proses sirkulasi ini terhambat, mesin bakal overheat. Jika terjadi hal ini, maka sebaiknya kamu segera menepikan mobil dan menunggu sampai suhu mesin kembali normal atau turun.

Pada kondisi ini ada beberapa kemungkinan bisa saja terjadi hingga menyebabkan panas mesin tiba-tiba naik. Gejalanya bisa melihat dari sistem kerja radiator, kipas radiator, thermostat, dan water pump, apakah komponen tersebut sudah bekerja dengan baik atau belum. Cek juga apakah ada bagian radiator yang bocor atau ada yang tersumbat. Jika semua sudah aman, mungkin saja penyebabnya karena permasalahan pada tutup radiator.

 

Fungsi Tutup Radiator

Fungsi tutup radiator sendiri untuk menjaga agar radiator tidak panas saat mesin hidup. Apabila kondisi tutup sudah tidak bagus lagi atau mengalami kerusakan pada bagian sil karet atau yang lainnya, akan menyebabkan udara masuk ke dalam radiator. Perlu kamu ketahui bahwa fungsi penahan utama tutup radiator terdapat pada sil karet yang tidak boleh retak atau sampai keras, jika sudah sampai retak atau keras, kamu wajib menggantinya.

Jika mobil dipaksakan tetap berjalan dalam kondisi mesin overheat, maka akibatnya mesin bisa mogok karena terlalu panas. Dan kamu harus mengeluarkan biaya jauh lebih besar untuk turun mesin ketimbang mengganti tutup radiator. 

 

Baca juga : Cara Melakukan Jump Start Pada Aki Mobil

 

Nah, Jika mobil lama kamu sudah sering mengalami overheat dan tidak menemukan solusinya, lebih baik ganti saja mobil lamamu di mobil88. Sebagai informasi, stok mobil bekas di mobil88 semuanya sehat dan kondisinya prima. 

Selain itu kalau beli mobil bekas di mobil88 kamu enggak perlu repot datang ke showroom. Cukup dari rumah saja, tinggal akses ke mobil88 e-store lalu pilih deh mobil mana yang kamu incar. 

Sekarang ini mobil88 memiliki program COD (Car On Delivery), di mana untuk sesi test drive akan langsung diantar oleh pihak mobil88 ke rumah kamu. Layanan COD ini juga memungkinkan kamu untuk bisa lihat dan cek mobil idaman yang sudah kamu pilih dari mobil88 bahkan juga melakukan test drive #DariRumahAja karena staff kami yang akan antar mobil pilihanmu ke rumah dan free biaya antar showing.

Yuk, langsung saja cek stok unit mobilnya di sini www.mobil88.astra.co.id/cari-mobil/ .

×

Mau credit mobil TDP cuma 16 juta? Chat kami sekarang!

Live Chat
Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan