×

blog/inilah-penyebab-dan-solusi-perseneling-mobil-keras

Inilah Penyebab dan Solusi Perseneling Mobil Keras

20 Mar 2020

Bagi mobil yang sudah berumur biasanya mulai mengalami masalah di sistem transmisi, terutama pada perseneling. Umumnya masalah yang kerap hadir adalah perseneling yang keras, baik itu pada mobil bertransmisi manual maupun otomatis.

Perseneling yang keras ini membuat perpindahan tuas menjadi susah atau keras. Sehingga bagi transmisi manual, kamu akan mengalami sulitnya melakukan perpindahan gigi. Bagi transmisi otomatis pun begitu, ketika pindah dari posisi P ke D atau R untuk mundur akan terasa kerasnya tuas perseneling ini.

Lantas, apa penyebab perseneling ini menjadi keras sehingga susah untuk masuk dan pindah gigi? Ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya masalah pada transmisi ini, sebelum kamu memanggil mekanik ada baiknya kamu melakukan cek sendiri penyebab perseneling keras berikut ini.

 

Kabel Tuas Perseneling

Pertama yang harus kamu cek ketika perseneling mobil keras adalah dengan cara melihat kabel tuas persnelingnya karena biasanya kabel ini bisa macet. Akibatnya tuas perseneling akan terasa lebih berat dan keras. Jika memang ini masalahnya maka sebaiknya kamu membawa mobil ke bengkel terdekat untuk segera dilakukan perbaikan.

 

Bushing Tuas Perseneling

Hal berikutnya yang bisa kamu cek adalah bushing atau karet dari tuas perseneling itu sendiri. Karena berbahan karet, maka resikonya bushing ini bisa menjadi getas karena umur dan juga pemakaian. Hal ini dapat menyebabkan mobil akan mengalami susah masuk gigi.

 

Kabel Kopling

Pengecekan selanjutnya adalah kabel kopling di mana biasanya juga mulai keras akibat umur. Kabel kopling ini ada dua jenis, kabel kopling biasa dan kopling hidrolik. Untuk kabel kopling biasanya berkarat sehingga menyebabkan tuas perseneling menjadi macet dan keras. Sementara untuk kopling hidrolik kamu harus cek master kopling apakah terjadi kebocoran atau tidak. Jika terjadi kebocoran maka tekanan hidrolik menjadi terganggu sehingga menyebabkan tuas perseneling menjadi keras.
Untuk perbaikan masalah ini tentunya kamu harus membawa mobil ke bengkel langganan agar dapat ditangani dengan maksimal.

 

Solusi Perseneling Mobil Keras

Masalah pada perseneling mobil ini sebenarnya bisa kamu cegah dengan melakukan perawatan rutin terkait transmisi. Seperti misalnya melakukan pergantian oli transmisi atau oli girboks. Sebaiknya pergantian oli ini bagi mobil manual dilakukan setiap 10 ribu km. Jadi bukan hanya oli mesin saja yang harus rutin diganti tapi oli transmisi pun demikian. Atau bisa juga mengganti oli transmisi setiap dua kali penggantian oli mesin.

Banyak pemilik mobil kerap melupakan hal ini. Selain oli transmisi, usahakan juga pengendara tersebut mengganti oli gardan. Terutama bagi mobil penggerak roda belakang (rear wheel drive) di mana oli gardan juga wajib diganti pada interval waktu yang sudah ditentukan. Kendati rajin mengganti oli transmisi, jangan melupakan pengecekan di bagian transmisi dan kopling.

Sebaiknya kamu juga melakukan perawatan berkala setiap 20 ribu km untuk komponen seperti pelat kopling, matahari, hingga syncromesh ring. Bagian terakhir ini memang cukup rumit karena letaknya di dalam girboks dan berfungsi untuk menyamakan putaran antara roda gigi transmisi. Putaran yang sama akan membuat proses perpindahan gigi menjadi lebih mudah dan halus. Ketika syncromesh ring ini mengalami aus, maka proses untuk menyamakan kecepatan antara masing-masing roda gigi akan semakin sulit dan menyebabkan gigi persneling susah masuk.

Gantilah komponen yang berhubungan dengan transmisi dan kopling yang sudah mulai aus, tapi jangan lupakan juga cara berkendara kamu karena akan mempengaruhi keawetan sistem transmisi ini.

Itulah penyebab serta solusi yang dapat dilakukan saat perseneling mobil kamu mulai keras. Beberapa dari kita mungkin tidak menyadari, selain perseneling mobil yang keras, terdapat beberapa masalah juga yang sering terjadi pada mobil, seperti aki mobil yang terlalu panas dan tiba-tiba meledak. Untuk itu, berikut ini adalah "tips mencegah aki mobil supaya tidak meledak".

×

Tanya mobil, harga, kredit atau lainnya? Chat aja!

Live Chat
Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan