×

blog/inilah-batas-maksimal-kecepatan-mengendarai-mobil-di-tengah-hujan

Inilah Batas Maksimal Kecepatan Mengendarai Mobil di tengah Hujan

17 Des 2020

Curah hujan yang cukup tinggi saat ini di Indonesia membuat kamu harus tahu teknik berkendara yang baik. Karena cara mengemudi dalam kondisi cuaca cerah dan jalan kering tentu saja berbeda ketika sedang turun hujan dan jalan berubah menjadi licin. Butuh konsentrasi ekstra untuk menyetir dengan aman saat hujan.

 

Batas Aman Kecepatan Mobil Saat Hujan

Oleh sebab itu, ketika berkendara di tengah guyuran hujan kamu harus tahu batas kecepatan dan jarak pengereman yang aman. Pada saat berkendara di kondisi jalan basah sebaiknya kecepatan dikurangi, jangan disamakan dengan saat jalan kering. Karena saat kondisi hujan, daya cengkeram ban ke permukaan jalan menjadi berkurang. Sebaiknya untuk keamanan kamu, batasi kecepatan mobil di 50 km/jam. 

Selain batas kecepatan, kamu juga wajib untuk menjaga jarak aman pengereman. Pasalnya saat jalanan licin karena hujan, jarak pengereman akan menjadi lebih jauh. Permukaan jalan yang basah bisa membuat cengkeraman ban akan berkurang, jadi usahakan tidak melakukan manuver secara tiba-tiba karena ban akan mudah selip. 

 

Perbandingan Saat Jalanan Kering Dengan Jalanan Basah

Sebagai perbandingan, berkendara di kecepatan 30 km/jam saat kondisi kering maka ketika kamu mengerem mobil akan berhenti sejauh 6 meter. Nah, kalau kondisi hujan itu jarak pengeremannya bisa jadi dua kali lipat. Jadi akan sangat berbahaya kalau kamu mengendarai mobil dengan kecepatan tinggi di saat hujan, karena bisa-bisa walaupun sudah di rem, mobilmu tetap meluncur jauh ke depan.

Perhatikan juga permukaan jalan yang ada genangan air, meskipun hanya 1 cm itu tetap bisa menyebabkan kecelakaan. Karena ban bisa melayang saat melintasinya dan bisa terjadi oversteer. Bila perlu sejajarkan atau ikuti laju mobil di depan Anda tujuannya untuk mengurangi genangan air yang ada di jalan. 

Genangan yang ada di permukaan jalan juga bisa menyebabkan aquaplaning, lho. Buat kamu yang belum tahu, Aquaplaning adalah kondisi ban mobil kehilangan traksi pada permukaan jalan karena melibas genangan air, sehingga ban seperti melayang dan tidak menempel ke jalan. Selain karena genangan air, biasanya penyebab utama Aquaplaning adalah karena faktor kecepatan mobil itu sendiri.

 

Baca juga : Penting, Inilah 4 Faktor Utama Penyebab Terjadinya Aquaplaning

 

Oh ya, selain batas kecepatan mobil yang perlu sangat diperhatikan saat kondisi hujan, kondisi kesiapan dan kesehatan mobilmu juga menjadi faktor penting keamanan dan kenyamanan saat berkendara ditengah hujan, lho. Sebagai contohnya, jika mobilmu sudah banyak mengalami kendala bahkan saat di jalanan kerign, tentu saja kamu akan menjadi lebih khawatir saat kondisi jalanan basah, bukan? Nah, kalau sudah begini mungkin baiknya kamu perlu menggantinya dengan mobil yang lebih prima, dan kalau mau menjual mobil lamamu, tak perlu repot pasang iklan di marketplace, karena di mobil88 prosesnya lebih cepat lho! 

Apalagi di saat pandemi seperti sekarang ini, di mana kita semua perlu berhati-hati saat berada di tempat umum, tentu saja menjual mobil secara online adalah pilihan yang paling bijak demi terhindar dari penularan virus yang belum kunjung reda ini. Nah di mobil88, jika kamu ingin menjual mobil lamamu kamu bisa lho melakukannya secara online dari rumah saja. Kamu cukup mengisi formulir jual mobil yang ada website mobil88 e-store, atau klik tautan berikut https://www.mobil88.astra.co.id/mobil88/in/hubungi-kami/sell-car

Kamu juga bisa menghubungi tim mobil88 melalui fitur Live Chat yang ada di website www.mobil88.astra.co.id ataupun melalui aplikasi yang bisa kamu download di Google Play Store maupun Apple App Store. Nantinya, setelah kamu janjian untuk menentukan lokasi dengan tim mobil88, tim dari mobil88 akan datang untuk melakukan inspeksi kendaraanmu. Mudah sekali, bukan?

Kamu juga akan mendapat harga yang fair saat menjual mobil di mobil88, karena tim appraisal professional mobil88 akan melakukan inspeksi dan memberikan penawaran harga dengan nilai yang sesuai kondisi kendaraan kamu.

Paling penting adalah, jika terjadi kesepakatan maka kamu bisa segera menerima uang dalam bentuk transfer dalam waktu yang 1x24 jam.

Yuk, jual mobilmu sekarang di mobil88! 

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan