×

blog/ini-bahaya-yang-dapat-terjadi-pada-ban-mobilmu-saat-musim-hujan

Ini Bahaya yang Dapat Terjadi Pada Ban Mobilmu Saat Musim Hujan

19 Apr 2021

Merawat mobil itu banyak hal yang harus diperhatikan, bukan hanya bagian luar dan interior saja tapi juga di bagian mesin. Nah untuk mesin juga masih banyak bagian-bagian yang memerlukan perawatan, atau paling tidak kamu tahu ketika mobil bermasalah apa yang menjadi penyebabnya. Salah satu gejala mobil bermasalah adalah ketika tidak mau distarter, biasanya orang awam Cuma beranggapan kalau akinya soak. Ternyata masih banyak lho penyebabnya, salah satunya ada dinamo starternya yang sudah minta diganti. 

Dinamo starter berfungsi untuk memutar mesin saat pertama kali kamu memutar kunci atau menekan tombol start. Dinamo akan mengubah energi listrik menjadi energi gerak untuk memutar crankshaft mesin atau poros mesin melalui flywheel. Nah, ciri-ciri dinamo starter mobil rusak merupakan satu hal yang perlu diwaspadai bagi pemilik mobil karena kalau sudah rusak berarti mobil tidak akan bisa menyala.

Ada beberapa ciri yang menjadi sinyal kalau dinamo starter mobil mulai rusak, kenali tanda-tanda berikut ini. 

Ada Bunyi Gemeretak dan Mendesing 

Ketika mesin pertama dinyalakan tiba-tiba muncul bunyi gemeretak karena tidak terkaitnya gigi pada gear pinion dengan gigi pada ring gear mesin. Ini berarti dua gear pada dinamo starter itu rusak atau aus, sebagai tandanya kamu bisa mendengar bunyi gemeretak ini. 

Baca juga : Kenali Penyebab Mobil Susah Distarter, Jangan Hanya Salahkan Aki, ya!

Kemudian ada juga munculnya suara mendesing saat mobil distarter. Bunyi mendesing terjadi apabila bearing one way yang ada pada pinion gear rusak. Hal itu berdampak pada poros armature yang seharusnya memberi putaran untuk pinion gear, ini malah berputar sendiri atau istilahnya starter loss. Kondisi ini yang membuat terdengar bunyi mendesing namun tidak ada tanda-tanda mesin ikut berputar. 

Susah Starter Saat Kondisi Mesin Panas

Tanda lain ketika dinamo starter mobil rusak adalah saat mesin panas maka jadi sulit distarter, bahkan jika hanya dipakai sebentar saja. Biasanya kamu tidak menyadari kondisi ini, karena kalau mobil habis terparkir lama atau mesin dingin, mesin akan mudah menyala dan tidak menunjukkan tanda apa-apa. 

Kalau ini terjadi saat mesin panas itu akibat resistansi kumparan yang semakin besar. Ketika panas mesin mengenai body solenoid, maka nilai tahanan di dalam kumparan itu makin besar. Dampaknya arus listrik tertahan dan tidak bisa mengalir ke kumparan itu. Saat arus listrik tertahan, otomatis mesin jadi sulit dihidupkan. 

Baca juga : Ini Dia Perbedaan Aki Basah dan Aki Kering Pada Mobil

Tidak Ada Reaksi Saat Mobil Distarter

Jika ada reaksi dari dinamo starter maka hal itu bisa jadi pertanda kalau dinamo starternya rusak. Kemungkinan penyebabnya terjadi putus sekring pada dinamo. Sekring yang putus menandakan bahwa ada jalur kelistrikan yang mengalami korsleting atau hangus terbakar. Kondisi tersebut juga memicu carbon brush dan gulungan tembaganya yang juga ikut terbakar. 

Aki Habis atau Soak

Masalah lain yang timbul dan mencirikan kalau dinamo starter mobil rusak adalah aki atau baterai yang lemah bahkan soak. Hal itu berdampak pada sistem starter mobil yang lambat dan tidak memacu sistem perapian. Kondisi ini cukup mudah dikenali lantaran saat menyalakan mobil, bakal muncul suara starter yang putus-putus. Itu pertanda kalau voltasenya tidak cukup bahkan menurun. 

Itu sebabnya kalau mau beli mobil bekas jangan di sembarang pedagang mobil bekas ya, tapi di mobil88 saja, dijamin mobilnya berkualitas dan ada garansinya. Selain itu juga pasti bebas banjir dan bukan bekas tabrakan. Untuk proses pembelian mobil bekas di mobil88 juga sekarang bisa secara kredit dengan proses mudah dan cepat. Kamu juga bisa melakukan pembelian secara online, baik itu cash maupun kredit. 

Untuk melakukan pembelian kredit mobil bekas secara online di mobil88, kamu cukup mengakses website mobil88 e-store dan pada setiap halaman detail mobil akan ada fitur “hitung kredit”. Kamu tinggal masukkan saja hitungan sesuai keinginan, maka nantinya akan ada perhitungan berapa biaya cicilan per bulannya.

Proses simulasi perhitungan cicilan kredit pun cukup akurat, dan ada pilihan leasing atau perusahaan pembiayaan yang menjadi rekanan mobil88. Tinggal masukkan berapa uang muka yang akan dibayar, kemudian berapa lama tenor kreditnya, dan terakhir memilih leasing yang tersedia. 

Setelah itu, akan tampil hitungan besaran cicilan dan uang muka yang harus dibayarkan sesuai dengan pilhan tenor dan uang muka yang sudah kamu pilih sebelumnya. Dengan fitur ini kamu juga bisa membandingkan besaran cicilan untuk setiap pilihan tenor dan uang muka. 

Fitur “Kalkulator Hitung Kredit” ini ada di setiap halaman detail mobil, dan terhubung pula dengan button live chat. Jadi jika kamu masih merasa kebingungan tidak perlu khawatir, karena akan ada tim profesional mobil88 yang akan membantu menjawab segala persoalan mobil bekas dengan fitur live chat tersebut.

Yuk, cek langsung stok mobilnya disini www.mobil88.astra.co.id/cari-mobil

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan