blog/fakta-menarik-dan-review-mitsubishi-xpander

Fakta Menarik dan Review Mitsubishi Xpander

18 Okt 2019

Nama Mitsubishi Xpander dalam beberapa tahun terakhir jadi salah satu mobil yang cukup populer di ranah pasar otomotif nasional. Hal ini tak lain, karena sejak kemunculannya Xpander menjadi lawan terberat dari mobil sejuta umat, Toyota Avanza dari segi penjualan.

Tidak hanya karena masuk segmen Low Multi Purpose Vehicle dengan kapasitas tujuh penumpang, sosok Mitsubishi Xpander juga tak lepas dari beberapa fakta menarik, antara lain:

 Xpander Pertama Meluncur di Indonesia

Mitsubishi Xpander memang pertama kali meluncur pada 2017, dan Indonesia jadi negara kelahiran mobil. Perkenalan mobil ini diperkenalkan pada 24 Juli 2017, namun Mitsubishi menampilkan dihadapan publik bertepatan dengan gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 yang dihelat di ICE, BSD, Tangerang Selatan pada 10 Agustus 2017.

Sejak pertama meluncur volume pemesanan terus meningkat. Namun untuk proses penjualannya, baru dilakukan pada 3 Oktober 2017.

Xpander Wujud dari XM Concept

Sebelum menjadi Mitsubishi Xpander, mobil ini pertama kali hadir dalam wujud purwarupa dan disebut XM Concept dan diperkenalkan pada ajang GIIAS 2016 atau setahun sebelum peluncurannya.

Xpander Dibuat di Indonesia

Meski Mitsubishi merupakan mobil Jepang, namun faktanya, Xpander diproduksi di Deltamas, Cikarang, Jawa Barat, dimana kapasitas pabrik tersebut mencapai 115 ribu unit per tahun, dan pada 2020 nanti akan menjadi 160 ribu unit per tahun.

Kandungan lokal untuk membuat Xpander ini sudah melebihi 60 persen, yang kebanyakan diterapkan pada bagian body part.

Xpander di Ekspor

Tidak hanya menyasar pasar domestik Indonesia, Xpander juga saat ini sudah dikirim ke-13 negara, mulai dari Mesir, Vietnam, Thailand, Filipina, Bolivia, Bangladesh, Srilanka, Kamboja, Peru, Mauritius, Bangladesh, Brunei Darussalam, dan Myanmar.

Sebelum dikirim ke luar negeri, diketahui konsumen yang ingin membeli Xpander peminatnya cukup tinggi. Bahkan pada 2018 mereka harus menunggu kedatangan Xpander di garasi sampai empat bulan lamanya.

Xpander Terdapat 8 Varian

Untuk memberikan pilihan kepada konsumen, saat ini Xpander hadir dalam delapan pilihan yaitu Ultimate A/T, Sport A/T, Sport M/T, Exceed A/T, Exceed M/T, GLS A/T, GLS M/T,  dan GLX M/T.

Meski begitu, saat pertama meluncurkan Xpander hanya ada lima varian saja yaitu GLX Manual, GLS Manual or Automatic, Exceed Automatic, Sport Manual or Automatic, dan varian tertinggi yaitu Ultimate.

Xpander punya Kembaran

Tak hanya Toyota dan Daihatsu saja yang bisa membuat mobil kembar, pasalnya Mitsubishi yang sudah menjalin kerjasama dengan Nissan, melahirkan kembaran Mitsubishi Xpander, yaitu Nissan Livina.

Nama Nissan Livina memang sudah lama, namun wujudnya sudah bertransformasi menggunakan basis Mitsubishi Xpander.

Xpander Banyak Penghargaan

Meski bisa disebut seumur jagung, namun sejak pertama kali meluncur pada 2017 hingga akhir 2018, Xpander sudah banyak diganjar 10 penghargaan yang digelar oleh sejumlah media, dan termasuk 1st Winner Favorite Car di ajang GIIAS 2017.

Setelah mengetahui fakta-fakta menarik Mitsubishi Xpander, tidak ada salahnya  jika mengulas soal bagaimana wujud mobil tersebut.

Eksterior

Secara tampilan luar atau eksterior, Mitsubishi Xpander memang sangat menarik dan stylish. Meski masuk dalam jenis MPV, namun perawakan Xpander justru terlihat mirip sebuah SUV. Hal ini juga terlihat berkat fender lebar dan mengembang.

Hal ini juga didukung dengan dimensinya yang besar, yaitu panjang 4475 mm, lebar 1750 mm, tinggi 1700 mm dan jarak sumbu roda 2275 mm. Hal ini pula membuat Xpander jadi terlihat lebih gambot dibandingkan si kembar Avanza-Xenia, Ertiga dan Mobilio.

Tampilan wajah Xpander juga cukup menarik, ditambah desain depan khas konsep Dynamic Shield, yang juga diterapkan pada Outlander PHEV, Pajero Sport dan Eclipse Cross.

Belum sampai disitu, tampilan keren juga berkat pemasangan lampu LED yang lancip sejajar dengan kap mesin. Sedangkan untuk lampu utamanya lebih rendah selevel dengan bumper sehingga memaksimalkan visual kondisi jalan.

Hal menarik lainnya adalah gril dari konsep Dynamic Shield yang yang berlapis cat krom sehingga terkesan elegan dan mewah.

Sementara lampu LED belakang sendiri mengarah ke pintu bagasi dengan bentuk L namun terpisah dengan lampu rem ketika menyala.

Tampilan keren juga terlihat dari kaki-kaki yang dipasang velg berukuran 15 inci untuk varian GLX dan GLS manual atau otomatis, dan velg alloy berukuran 16 inci untuk varian Exceed, Sport dan Ultimate.

Interior

Karena dimensinya cukup besar, hal ini berpengaruh juga pada kabin yang lapang. Belum lagi, konsol penyimpanan yang cukup banyak, sehingga dapat menyimpan banyak bawaan mulai dari koin, minuman botol hingga tempat menyimpan handphone.

Kursi di baris kedua juga bisa dilipat 60:40 dan sandaran kursi baris ketiga dibagi 50:50. Dengan begitu kabin belakang jadi semakin luas sehingga dapat menampung hingga 1.630 liter.

Di sisi lain, interior Xpander juga mengusung tampilan yang cukup mewah, berkat penggunaan material dan desain dashboard yang modern.

Adapun beberapa fitur tak kalah menarik yang disematkan pada Xpander antara lain:

  • AC Double blower (Kecuali varian GLX)
  • HU Double din CD/MP3 dengan port USB dan 4 speaker ( GLS, Exceed dan Sport)
  • HU Touchscreen 2DIN DVD player dengan port USB dan 6 speaker (hanya di varian Ultimate)
  • Audio Steering switch ( Exceed, Sport dan Ultimate)
  • soket listrik 12 volt ( 3 soket pengisian daya listrik hanya ada di varian Exceed, sport dan Ultimate)
  • Power window
  • kunci central
  • Multi information Display
  • Spion lipat elektrik (Hanya ada di Exceed, Sport dan Ultimate)
  • Brake Assist (BA), Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD)
  • Dual SRS Airbag
  • ISOFIX
  • Immobilizer
  • Pedestrian Protection
  • Vehicle Stability Control (VSC)( varian Sport dan Ultimate)
  • Hill Start Assist (HSA) (Varian Sport dan Ultimate)
  • Emergency Stop Signal (ESS)
  • Welcome light (kecuali GLX)
  • Coming home light (kecuali GLX)
  • Remote entry system with Alarm (Kecuali GLX)
  • Kamera hadap belakang (hanya ada di varian Ultimate)
  • pegangan pintu berlapis chrome ( hanya ada di varian Ultimate)
  • Performa Mesin

Untuk jantung pacu, Mitsubishi Xpander telah mengusung mesin tipe Mitsubishi Innovative Valve Timing Electronic Control (MIVEC) berteknologi 4A91 DOHC berkapasitas 1.5 liter dengan 16 katup yang mampu menghasilkan daya maksimal 103 Tk per putaran 6000 rpm dengan torsi 145 Nm per putaran 4000 rpm.

Performa mesin juga didukung dengan suspensi depan dari Macpherson Strut with Coil Spring dan belakang dari Torsion Beam sehingga menambah rasa nyaman.

Harga

Berdasarkan situs resmi mitsubishimotor.co.id harga Mitsubishi Xpander per Oktober 2019 dan on the road Jakarta, antara lain:

- GLX M/T Rp 210,3 juta

- GLS M/T Rp 226,8 juta

- GLS A/T Rp 237,8 juta

- Exceed M/T Rp 233,8 juta

- Exceed A/T Rp 244,2 juta

- Sport M/T Rp 246,4 juta

-  Sport A/T Rp 256,4 juta

-  Ultimate A/T Rp 265,1 juta.

Jika Anda merasa harga baru dari Mitsubishi Xpander ini masih terlalu mahal, maka pilihan terbaik adalah membeli Xpander bekas. Tentunya jika mencari mobil bekas berkualitas hanya di mobil88. Di mobil88 ada jaminan berupa buyback guarantee untuk pembelian merek dan tipe mobil apapun. Jika ada salah satu dari poin garansi yang tidak sesuai, Anda tidak akan merugi karena mobil itu bisa dibeli kembali. 

Untuk mengetahui berapa kisaran harga mobil Mitsubishi Xpander, cek langsung di mobil88 e-store.

Live Chat
Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan