×

blog/cuci-mesin-mobil-bisa-dilakukan-sendiri-dirumah-ini-bagian-yang-wajib-dibungkus-agar-tak-korslet

Cuci Mesin Mobil Bisa Dilakukan Sendiri Dirumah, Ini Bagian Yang Wajib Dibungkus Agar Tak Korslet

13 Mei 2020

Disaat harus berdiam diri #DiRumahAja seperti sekarang ini memang menjadi waktu yang tepat untuk melakukan perawatan mobil, terutama dibagian mesin. Ya, kondisi mesin memang menjadi bagian yang paling sering dilupakan ketika mencuci mobil. Alasannya karena jika terkena air, takut dapat merusak bagian mesin itu sendiri. Untuk itu, ada triknya untuk mencuci mesin mobil apalagi kalau dilakukan sendiri di rumah. 

Tapi wajib diingat ya, jika sebelum cuci mesin mobil, ada ritual yang harus dilakukan terlebih dulu untuk meminimalisir risiko kerusakan. Ada bagian-bagian tertentu yang harus ditutup dengan plastik kiloan atau plastik gula, diikat dengan karet supaya lebih kedap air. Terutama bagi mobil yang tidak memiliki penutup mesin atau engine cover, maka kamu harus tutup komponen koil busi untuk meminimalisir korsleting.

 

Bagian Sambungan Soket Elektrikal

Meski sudah dirancang kedap air, tapi untuk berjaga-jaga supaya tidak kena air secara langsung,  sambungan soket elektrikal seperti kutub aki, sensor ABS, atau ECU mobil perlu ditutup dengan plastik, karena bisa bikin karat dan korsleting kalau ada air yang terselip dan tidak dikeringkan.

 

Baca juga : “Mengenal Apa itu ECU Mobil dan Fungsinya

 

Air Intake

Bagian air intake juga jangan sampai luput dari perhatian untuk ditutup dengan plastik, hal ini tetap harus dilakukan walaupun desain air intake mobil sekarang tertutup agar terhindar air masuk secara langsung. Karena sedikit apapun debit air yang bisa masuk ke ruang mesin bisa memicu kerusakan fatal mesin mobil ketika dinyalakan karena gejala water hammer.

Itulah 2 bagian yang wajib kamu bungkus saat mencuci mesin mobil sendiri dirumah agar tak korslet. Selanjutnya dalam mencuci mesin mobil, sebaiknya gunakan air bertekanan rendah untuk menghilangkan debu yang menempel di bagian luar mesin, dan sela-sela yang sulit dijangkau. Kamu juga bisa sedikit menyikat permukaan mesin secara perlahan dengan sikat halus.

Untuk bagian celah kecil, bisa menggunakan sikat gigi yang tidak terpakai, lalu bilas dengan menyemprot menggunakan air bersih untuk menghilangkan sisa-sisa kotorannya dan membilas bekas sabun yang masih menempel di sekitar mesin.

Jika memiliki kompresor angin, gunakan untuk membersihkan sisa-sisa air yang terjebak di celah-celah sempit mesin. Untuk menghindari timbulnya kerak alias water spot, diamkan mobil selama 2-3 jam (dalam posisi kap mesin terbuka).

Lepaskan kembali pembungkus plastik yang digunakan untuk menutup komponen kelistrikan mesin. Sebaiknya proses pencucian dilakukan di ruang terbuka yang tidak terpapar sinar matahari secara langsung. Setelah kering sempurna, nyalakan mesin mobil sambil mengecek semua komponen yang berhubungan dengan sistem kelistrikan.

Selain bisa mencuci mesin mobil sendiri di rumah, kamu juga bisa lho membeli mobil bekas juga dari rumah via online di mobil88 e-store. Di sini kamu tidak hanya bisa lihat stock mobil, namun juga bisa untuk melakukan booking bahkan transaksi secara online dan program COD (Car On Delivery). 

Layanan COD ini memungkinkan kamu untuk bisa lihat dan cek mobil idaman yang sudah kamu pilih dari mobil88 bahkan juga melakukan test drive #DariRumahAja karena staff kami yang akan antar mobil pilihanmu ke rumah dan free biaya antar showing. Setelah lihat kamu cocok dan lakukan pembayaran atau booking senilai Rp 5 juta secara online via mobil88 e-store, maka kamu akan dapat tambahan benefit Garansi Mesin dan Jaminan 100% Uang Kembali. Untuk informasi lebih lengkapnya, silahkan kunjungi : Kini Beli Mobil Bekas di mobil88 e-store Dapat Garansi Mesin & Jaminan Uang Kembali.

×

Mau credit mobil TDP cuma 16 juta? Chat kami sekarang!

Live Chat
Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan