×

blog/cek-bagian-ini-sebelum-liburan-akhir-tahun-keluar-kota-dengan-mobil-kesayanganmu

Cek Bagian Ini Sebelum Liburan Akhir Tahun Keluar Kota dengan Mobil Kesayanganmu

28 Des 2020

Akhir tahun berarti libur panjang, tentunya banyak orang yang akan pergi berlibur bersama keluarga. Saat pandemi sekarang ini tentunya liburan dengan mobil pribadi menjadi solusi terbaik. Tapi jangan sampai kamu lupa untuk melakukan pengecekan terhadap mobil kesayangan ya sebelum pergi keluar kota.

Kondisi mobil yang prima tentunya akan membawa rasa aman saat melakukan perjalanan jauh. Agar perjalanan terasa nyaman, berikut ini apa saja yang harus dicek dari kondisi mobil sebelum melakukan perjalanan jauh ke luar kota.

Cek Oli Mesin dan Ganti Bila Perlu

Tentunya kamu sudah menghitung berapa jarak tempuh yang akan dilalui saat liburan. Jika memang sudah waktunya untuk mengganti oli mesin lebih baik kamu ganti, tapi jika masih cukup pastikan kamu mengeceknya ya.

Caranya mudah kok, hanya periksa level pada stik oli, lihatlah batas oli yang menempel pada stik. Level oli harus berada di garis antara tanda “L” dan “F” dan seharusnya sedikit dibawah garis level “F“, jika kurang tambahkan secukupnya. 

Cek Air Radiator

Kondisi jalanan yang panjang ditambah dengan kondisi cuaca bisa membuat kondisi mobil butuh pendinginan maksimal. Apalagi kalau ditambah dengan kondisi jalan yang padat atau sampai macet panjang, yang ada mobil akan overheat atau kepanasan. Akibatnya jika terus dipaksakan maka mobil akan mogok sendiri. Untuk itu kamu perlu memeriksa kondisi radiator yang mengatur pendinginan di ruang mesin. 

Periksa air radiator dan air cadangannya, pastikan air radiator dalam kondisi penuh sedangkan air cadangan sampai batas level, jangan sampai terlalu penuh. Periksa juga kondisi selang radiator dan selang penghubung ke tabung cadangan. Bila menemui selang yang menggelembung atau retak, sebaiknya diganti. Ini untuk menghindari selang pecah ditengah jalan. Pastikan juga sambungan selang ke mesin dan ke radiator cukup kencang dan tidak bocor.

Cek Kondisi Aki

Aki (Accu) perlu diperiksa kondisi sebelum bepergian. Periksa baut kutub aki dan bersihkan kutub aki dari kotoran atau kerak yang menempel. Jika menggunakan aki basah, sebaiknya periksa pula level air aki, jika kurang tambahkan dengan air aki murni.

Baca juga : Banyak yang Belum Tahu, Ini Cara Jumper Aki Mobil Saat Keadaan Darurat

Kalau untuk aki kering periksa tanda kondisi aki, biasanya kalau berwarna biru tandanya aki masih baik, sedangkan kalau sudah berwarna putih itu tandanya aki sudah harus diganti.

Periksa Kondisi dan Tekanan Angin Ban

Piranti yang satu ini perannya cukup vital, sehingga kamu wajib untuk mengecek kondisi ban apakah masih layak pakai atau tidak. Terlebih di akhir tahun biasanya curah hujan masih cukup tinggi, sehingga kondisi tapak ban haruslah cukup tebal. 

Baca juga : Tekanan Angin Pada Ban Mobil Tidak Boleh Kurang Atau Lebih, Ini Alasannya

Periksa juga tekanan angin ban, sebaiknya ikuti anjuran tekanan ban dari pabrikan yang biasanya terdapat stiker di pintu pengemudi. 

Cek Kondisi Rem

Tidak ada gunanya jika mobil Anda bisa melaju kencang tapi tidak bisa berhenti jika ada kejadian mendadak. Bagian yang satu ini juga wajib dijaga dan sangat krusial karena bisa menghindari kamu dan keluarga dari kecelakaan. Terutama saat melesat di jalan tol, biasanya melaju di atas 60 km per jam. 

Bagian pengereman ini tidak hanya ada di kampas rem dan piringan cakram saja, tapi juga meliputi minyak rem, master rem, dan juga pedal rem itu sendiri. Periksa level minyak rem di reservoir. Jika berkurang dari batas level minimal, maka perlu dicurigai kemungkinan adanya kebocoran. Periksa sistem rem apakah terlihat ada kebocoran pada selang, master rem, dan periksa apakah ada basah dibagian dalam velg sebagai tanda kebocoran silinder roda. Pastikan sistem rem dapat bekerja dengan baik.

Cek fungsi lampu

Lampu mobil juga jangan luput dari pemeriksaan, apalagi kalau kamu berencana untuk pergi malam hari. Pastikan semua lampu mobil dapat berfungsi dan menyala dengan normal.  Bila ada lampu yang mati, segera di ganti dengan yang baru.

Memang jika dilihat semua persiapan ini bisa kamu lakukan sendiri, tapi jika ragu sebaiknya periksakan di bengkel resmi atau bengkel langganan kamu ya. 

Tapi kalau mobil kamu sudah di atas lima tahun, ada baiknya ganti dengan mobil yang lebih muda sebelum melakukan liburan keluar kota. Kamu bisa kok tukar tambah dengan mobil lama, atau kalau mau menjual mobil lama tak perlu repot pasang iklan di marketplace, lebih baik di mobil88 saja karena prosesnya lebih cepat lho! 

Khususnya di saat pandemi seperti sekarang ini, jika ingin menjual mobil lama maka kamu cukup mengisi formulir yang ada disini. Kamu tidak perlu datang ke lokasi mobil88, nanti tim dari mobil88 yang akan datang untuk melakukan inspeksi kendaraan. 

Paling penting adalah, jika terjadi kesepakatan maka kamu bisa segera menerima uang dalam bentuk transfer dalam waktu yang 1x24 jam.

Informasi lebih lanjut, kunjungi www.mobil88.astra.co.id

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan