×

blog/berapa-rekomendasi-tekanan-angin-ban-mobil-yang-pas-simak-informasinya-berikut

Berapa Rekomendasi Tekanan Angin Ban Mobil yang Pas? Simak Informasinya Berikut!

02 Feb 2021

Biasanya urusan tekanan angin ban mobil sering diabaikan oleh pemiliknya. Jika memang tidak mengalami ban bocor hingga kempes total, maka jarang ada pengemudi yang memperhatikan tekanan angin atau udara di dalam ban mobil yang ia kendarai. 

Padahal tekanan angin ban mobil yang berkurang dari rekomendasi pabrikan akan membuat mobil menjadi tidak nyaman dan kerja ban mobil kamu juga jadi lebih berat. Tidak hanya itu, tekanan angin ban mobil juga harus pas, tidak boleh kurang dan juga tidak boleh berlebihan. 

Baca juga : Ini Perbedaan Angin Biasa vs Nitrogen di Ban Mobil

Sebagai satu-satunya media kontak dengan aspal, ban menjadi komponen yang sangat penting. Nah, kekuatan ban mobil itu sendiri sebenarnya terletak pada tekanan angin yang pas. Dalam keadaan normal dan ban tanpa masalah, tekanan angin ban akan tetap berkurang seiring pemakaian. Padahal, begitu tekanan angin berkurang efek jeleknya bisa membahayakan lho!

Berapa Tekanan Angin Ban Mobil yang Pas?

Setiap jenis mobil memiliki ukuran tekanan angin ban yang tidak dapat disamakan, karena ukuran tekanan ban mobil sangat tergantung pada jenis mobil dan ban yang digunakan oleh pabrikan.

Untuk mengetahui secara pasti berapakah tekanan angin ban mobil, kamu dapat mencermati rekomendasi tekanan ban mobil yang biasanya terdapat di pilar pintu depan kanan atau pintu pengemudi. Biasanya ada stiker kotak berwarna putih bertuliskan informasi mengenai jenis dan tekanan ban. 

Contohnya untuk mobil MPV seperti Daihatsu Xenia tipe terendah, rekomendasi pabrikan mobil untuk jenis ban 165/80R13, tekanan angin ban depan 33 Psi (230 kPa) dan belakang 36 Psi (250 kPa). Berbeda dengan Toyota All New Kijang Innova yang memiliki ukuran standar ban 205/65R16, maka rekomendasi tekanan angin pada ban depan maupun belakang sama yaitu 33 psi. Namun jika dengan 7 orang penumpang maka tekanan ban belakang dinaikkan menjadi 36 Psi.

Baca juga : Kenali Tanda-tanda Ban Mobil Sudah Perlu Spooring

Tekanan angin ban mobil standar pabrikan diatas idelanya tepat untuk jalan yang rata, datar dan hanya untuk kota-kota saja (tidak untuk penjalanan jauh). Apabila kamu mau menelusuri jalan yang berbatu, naik turun dan perjalanan jauh ada baiknya kamu tambahkan sedikit tekanan angin ban mobil agar tetap aman dalam berkendara.

Manfaat Tekanan Angin Ban Mobil yang Pas

Dengan tekanan angin yang pas, manfaat pertama yang dirasakan pengemudi pastinya kenyamanan. Selanjutnya, tidak kalah penting adalah keselamatan saat di jalan raya. Tekanan angin yang pas, pastinya membuat mobil mudah dikendalikan, karena permukaan ban yang menyentuh jalanan pasti maksimal, dan traksi serta pengereman juga pastinya akan optimal.

Selanjutnya, tekanan angin yang pas juga berhubungan dengan konsumsi bahan bakar. Tekanan ban yang lebih kecil 10% dibanding standar pabrikan, akan mempercepat ban aus hingga 10%. Fakta lainnya, energi yang dikeluarkan mesin untuk memutarkan roda akan lebih besar, sehingga bahan bakar lebih boros.

Baca juga : Tekanan Angin Pada Ban Mobil Tidak Boleh Kurang Atau Lebih, Ini Alasannya

Intinya, jika tekanan angin di ban berkurang, telapak ban yang menempel ke aspal akan lebih melebar. Artinya, laju kendaraan juga akan melambat, dan putaran mesin akan bertambah dan membutuhkan lebih banyak bahan bakar.

Dengan tekanan angin di ban yang pas juga pastinya akan membuat umur ban lebih panjang. Faktanya, ban dengan tekanan angin yang rendah mengurangi usia tapak ban hingga 25 persen.

Nah, jadi kalau kamu senang ganti mobil berarti kamu harus bisa membedakan tekanan angin tiap mobilnya ya. Dan kalau kamu lagi mau ganti mobil baru jangan lupa beli mobilnya di mobil88 nih! Karena sekarang kalau beli mobil di mobil88 bisa secara online lho, kamu juga bisa melihat unitnya secara langsung dan juga test drive dari rumah, karena di mobil88 sekarang memiliki layanan Car On Delivery (COD) untuk setiap konsumennya. 

Layanan COD ini memungkinkan kamu untuk bisa lihat dan cek mobil idaman yang sudah kamu pilih secara online di mobil88 e-store. Bukan hanya lihat dan cek mobilnya, bahkan kamu juga bisa melakukan test drive dari rumah, karena staff mobil88 yang akan antar mobil pilihanmu ke rumah dan free biaya antar untuk showing ini. Untuk tahu seperti apa cara melakukan test drive dari rumah, kamu bisa langsung cek di tautan ini ya

Mau tahu caranya gimana? Gampang banget, cukup kamu akses laman resmi mobil88 di www.mobil88.astra.co.id atau bisa juga melalui aplikasi mobil88 e-store yang bisa kamu download di Google Play Store maupun Apple App Store. Setelah itu, kamu bisa langsung memilih mobil yang jadi incaran kamu. 

Setelah mendapat mobil pilihan kamu, tinggal lakukan booking showing melalui fitur Live Chat baik melalui website atau aplikasi mobil88 e-store. Mudah dan praktis, bukan?

Mau tahu ada stok mobil apa saja di mobil88 saat ini? Yuk kunjungi www.mobil88.astra.co.id/cari-mobil 

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan