×

blog/begini-cara-urus-sim-hilang-jangan-pakai-calo-lagi-ya

Begini Cara Urus SIM Hilang, Jangan Pakai Calo Lagi Ya!

02 Des 2020

Salah satu persyaratan untuk bisa mengemudi di jalan raya adalah harus memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM). Jika tidak maka kamu akan dikenakan sangsi tilang ketika kedapatan berkendara tanpa memiliki SIM.

Untuk itu kalau sudah memiliki SIM, harus disimpan dengan baik dan jangan sampai hilang. Banyak yang beranggapan jika SIM hilang maka untuk mengurusnya lagi akan susah.

Tapi ternyata itu tidak benar, karena jika SIM kamu hilang, kamu masih bisa mengurus untuk dibuatkan SIM baru dan bisa dilakukan sendiri. Tidak perlu membayar calo untuk mengurus SIM yang hilang ini. Berikut ini prosedur dan persyaratan yang harus kamu siapkan ketika mengurus SIM yang hilang atau rusak.

 

Membuat Surat Keterangan Kehilangan SIM

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat surat keterangan kehilangan SIM di kantor polisi terdekat. Tanpa adanya surat ini maka kamu tidak akan bisa untuk mengurus penggantian SIM yang hilang tersebut. Pada surat keterangan kehilangan SIM, akan ada informasi rinci kejadian dan barang apa saja yang hilang.

 

Menyiapkan Berkas Pendukung

Setelah surat kehilangan dari kepolisian kamu terima, maka Langkah selanjutnya adalah menyiapkan berkas pendukung lainnya. Seperti fotokopi SIM, fotokopi KTP, dan surat keterangan sehat dari Satpas atau rumah sakit. Ingat, jika berkas tidak lengkap, maka SIM tidak bisa diurus, ya.

 

Baca juga : Perpanjang SIM Secara Online Ternyata Mudah, Simak Tata Caranya Berikut Ini!

 

Cek Kesehatan dan Asuransi

Untuk mengurus SIM yang hilang, kamu juga tetap harus memeriksa kesehatan seperti saat membuat SIM baru atau perpanjangan SIM. Beberapa tes yang dilakukan adalah tensi darah dan tes mata. Proses ini tak memakan waktu lama, sekitar 15 menit saja.

Pemeriksaan kesehatan juga biasanya dilakukan di lokasi Satpas, tapi pemohon juga bisa melakukan tes kesehatan terlebih dahulu di puskesmas, klinik atau rumah sakit sebelum berkunjung ke Satpas dan membuat surat dokter.

Selanjutnya urus Asuransi Kecelakaan Diri Pengemudi (AKDP) di bagian loket asuransi. Biasanya, loket asuransi berada di area yang sama dengan bagian kesehatan.

 

Proses Pengurusan SIM yang Hilang

Jika semua berkas dan surat keterangan kehilangan sudah lengkap, maka kamu bisa mendatangi Satpas SIM terdekat untuk mengurus penggantian SIM. Kamu bisa melakukan pendaftaran dan mengisi formulir data diri kemudian menyerahkan semua berkas tadi.

Setelah diperiksa dan syarat dinyatakan valid, petugas akan meminta kamu untuk melakukan verifikasi data untuk mengambil data pada SIM lama. Kemudian jika sudah, petugas akan melengkapi data SIM dengan foto dan sidik jari serta tanda tangan. Setelah itu tinggal menunggu sampai proses pencetakan SIM baru kamu selesai. Mudah, bukan?

Nah, Apabila sudah mendapatkan SIM yang baru, sebaiknya simpan di tempat yang aman. Kalau sudah punya SIM lagi dan kamu butuh mobil, jangan lupa carinya di mobil88 ya. Kalau beli mobil bekas di mobil88 kamu enggak perlu repot datang ke showroom. Cukup dari rumah saja, tinggal akses ke mobil88 e-store lalu pilih deh mobil mana yang kamu incar.

Buat kamu yang belum tahu, sekarang ini mobil88 memiliki layanan COD (Car On Delivery) lho, di mana layanan ini akan memungkinkan kamu untuk beli mobil bekas di mobil88 cukup dari rumah saja. Untuk sesi test drive, mobil yang sudah kamu pilih akan langsung diantar oleh pihak mobil88 ke rumahmu dan free biaya antar showing.

Caranya cukup mudah, kamu bisa langsung menggunakan fitur live chat yang ada di mobil88 e-store, dan langsung saja tentukan jadwal test drive kamu dengan tim mobil88. Yuk kunjungi www.mobil88.astra.co.id, serta download juga aplikasinya di Google Play Store maupun di Apple App Store!

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan