×

blog/bayar-pajak-kendaraan-kini-bisa-online-begini-caranya

Bayar Pajak Kendaraan Kini Bisa Online, Begini Caranya

15 Jun 2020

Saat pandemi seperti ini tentunya banyak orang yang mungkin lupa atau tidak bisa melakukan kewajibannya membayar pajak kendaraan. Padahal pajak inilah yang membangun negara kita. Jika kamu yang pajak kendaraannya habis di tengah pandemi corona, tak perlu khawatir karena sekarang bayar pajak kendaraan bisa dilakukan secara online.

Pihak Kepolisian Republik Indonesia sudah merilis aplikasi Samsat Online Nasional yang memudahkan kamu jika ingin membayar pajak kendaraan secara online. Dengan begitu kamu tak perlu repot pergi ke Samsat lalu antri berjam-jam. Dengan sistem online, tentunya jadi lebih kekinian dan modern. Sementara ini memang aplikasi Samsat Online Nasional baru ada untuk smartphone berbasis Android.

 

Dikutip dari situs resmi NTMC Polri, berikut cara membayar pajak kendaraan secara online:

  1. Unduh aplikasi Samsat Online Nasional di Google Play Store
  2. Pilih menu pajak kendaraan bermotor (PKB) dan tekan menu pendaftaran
  3. Selanjutnya akan ada pemberitahuan kalau TBPKP (Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran) dan stiker pengesahan STNK akan dikirim ke alamat yang tertera di STNK. Jika alamat kamu sudah sesuai maka bisa langsung tekan tombol setuju. 
  4. Berikutnya adalah mengisi formulir oleh kamu sebagai wajib pajak (orang yang bayar pajak), yakni nomor polisi, NIK, lima digit terakhir nomor rangka, nomor telepon dan email.
  5. Bila sudah diisi tekan tombol lanjutkan. Sistem akan memproses data tersebut selama kurang lebih satu menit. Jika data yang dimasukkan sudah benar, akan muncul data lengkap mengenai kendaraan yang akan dibayarkan pajaknya, sekaligus besaran pajak yang harus dibayarkan.
  6. Kemudian, kamu tinggal menekan tombol setuju setuju untuk mendapatkan kode bayar, untuk digunakan buat membayar pajak melalui layanan E-Channel perbankan (e-Banking atau ATM). Sebagai catatan, rekening pemilik harus sama dengan data pada KTP dan STNK. Kamu tidak bisa menumpang bayar dari rekening orang lain atau membayarkan pajak kendaraan milik orang lain. 

 

Namun patut diperhatikan kode bayar berlaku selama maksimal 2 jam, apabila belum dilakukan pembayaran dalam rentang waktu tersebut, maka Anda harus melakukan pendaftaran ulang.

Setelah semua langkah di atas diikuti, Samsat secara otomatis sudah mencetak Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran (TBPKP) atau STNK-nya. Surat-surat tersebut nantinya akan diantar langsung ke rumah paling lama 3 hari.

Jangan lupa untuk mengecek juga berapa besaran biaya dari pajak kendaraan kamu, apakah sudah sesuai dengan yang tertera di aplikasi samsat online ini. Untuk mengetahui cara menghitung pajak kendaraan bermotor, kamu bisa cek di sini ya https://www.mobil88.astra.co.id/mobil88/in/blog/menghitung-pajak-kendaraan-bermotor

×

Mau diskon hingga 9jt? Chat kami sekarang!

Live Chat
Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan