×

blog/bawa-sepeda-di-mobil-inilah-cara-pasang-rak-yang-benar

Bawa Sepeda di Mobil, Inilah Cara Pasang Rak yang Benar

04 Sep 2020

Selama masa pandemi ini, beberapa kegiatan jadi menjamur, salah satunya yaitu bersepeda. Hampir seluruh wilayah di Indonesia, terutama di DKI Jakarta dan sekitarnya banyak ruas jalan yang dipadati oleh bikers yang bersepeda dan juga oleh orang-orang yang sekedar ingin menghirup udara segar dengan menunggangi kendaraan kayuh roda 2 ini.

Bahkan, tak sedikit masyarakat yang bersepeda di luar kota asalnya, namun dari rumah ke kota tujuan sepedanya di towing alias diangkut menggunakan mobil pribadi.

Nah, jika kamu berminat untuk memasang rak sepeda di mobil, tidak ada salahnya untuk memperhatikan tips memasang rak sepeda yang benar berikut ini:

 

Pastikan Rak Tidak Merusak Body Mobil

Pertama, karena aksesori itu kebanyakan dijual secara aftermarket maka harus diperhatikan dulu apakah ketika setelah dipasang, rak tersebut akan merusak bodi mobil atau tidak ketika mengangkut sepeda.

Kemudian untuk pemasangan rak sepeda di atas mobil atau di atap, biasanya berat maksimum 75 kilogram bebannya. Paling penting adalah segi safety, jangan sampai lepas atau patah, ya. Karena bisa gawat kalau rak sudah patah.

 

Perhatikan Aerodinamika Mobil dan Posisi Rak Sepeda

Apabila memasang rak sepeda diatas mobil, pasti mempengaruhi berkurangnya aerodinamika mobil. Hal ini terjadi karena rak yang dipasang diatas mobil akan membuat bentuk mobilmu menjadi lebih tinggi, sehingga angin yang datang dari arah depan tidak langsung melewati mobilmu, namun tertahan dibagian atas.

Angin yang tertahan oleh body mobilmu bisa menyebabkan mobilmu akan terasa menjadi lebih berat, lho. Sementara untuk mobil jenis SUV dan MPV, sebaiknya tidak menggunakam rak sepeda yang ditempatkan di atas, ya. Sebab, posisi sepeda juga akan menjadi terlalu tinggi dan akan lebih berbahaya. 

Sedangkan jika kamu ingin memasang rak sepeda dibelakang mobil, sebaiknya kamu pikirkan kembali posisinya, karena bisa jadi sepeda yang kamu bawa ini menutupi lampu-lampu mobil di bagian belakang.

 

Baca juga : Cara Mengemudi yang Salah dan Masih Disepelekan, Hentikan Sekarang Demi Keselamatanmu

 

Jika mobil kamu sekarang terlalu kecil sehingga tidak bisa memuat sepeda, maka sudah saatnya mencari mobil yang lebih besar. Jika memang kamu membutuhkan mobil bekas yang lebih besar dan juga umurnya lebih muda, kamu bisa langsung cek saja ke mobil88.

Sebagai informasi tambahan, sekarang ini beli mobil bekas di mobil88 sudah menerapkan sistem online yang akan semakin memudahkan konsumen dalam proses jual beli. Apalagi melalui mobil88 e-store, kamu bisa bertanya seputar mobil dengan ahlinya melalui fitur Live Chat.

Apapun persoalan yang ingin kamu tanyakan, seperti memilih mobil yang paling sesuai dengan kebutuhan kamu, seperti apa saja jenis mobil yang bisa membawa rak sepeda di bagian belakang. Atau juga mobil mana saja yang unitnya ready, dan bagaimana proses pembayaran di mobil88, semua ini bisa kamu tanyakan langsung melalui Live Chat ini. 

Fitur ini tersedia di mobil88 e-store baik website ataupun aplikasi yang bisa kamu download di Google play store maupun Apple Appstore yang akan langsung menghubungimu dengan tim ahli dari mobil88. Fitur ini tersedia setiap hari, dari jam 7 pagi hingga jam 9 malam ya.

Untuk melihat stok mobil bekas apa saja yang ada di mobil88, kunjungi https://www.mobil88.astra.co.id/cari-mobil.

×

Mau credit mobil TDP cuma 16 juta? Chat kami sekarang!

Live Chat
Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan