blog/banyak-yang-belum-tahu-inilah-cara-menggunakan-klakson-mobil-yang-benar

Banyak yang Belum Tahu, Inilah Cara Menggunakan Klakson Mobil yang Benar

20 Feb 2020

Kalau kamu sebagai pengendara mobil pastinya tahu apa itu klakson, dan pasti semua orang juga pernah menggunakan klakson ketika berkendara. Tapi apakah kamu sudah tahu cara menggunakan klakson mobil yang benar itu seperti apa? 

Fungsi klakson sebenarnya menjadi salah satu cara untuk berkomunikasi dengan kendaraan lain di jalan raya. Selain itu klakson juga menjadi penting karena sebagai penanda untuk mengingatkan pengendara lain.

Tapi bisa juga dengan membunyikan klakson kamu malah memicu emosi dari pengendara lain, terutama jika kamu mempunyai suara klakson yang keras dan membunyikannya terus menerus. Banyak kejadian di jalan raya disebabkan oleh penggunaan klakson yang salah menimbulkan ketidaknyamanan antar pengguna jalan.

Misalnya ketika kamu terjebak macet dan tidak sabar sehingga membunyikan klakson terus menerus, pastinya ada pengguna jalan lain yang kesal dan tidak nyaman karena bunyi klakson mobil kamu. Jangan sampai hal ini malah memicu pertikaian dengan pengedara lain, jadi panjang urusannya. 

Oleh sebab itu, sebaiknya kamu perhatikan cara menggunakan klakson mobil yang benar seperti berikut ini.

 

Ketika Mendahului Mobil Lain

Fungsi klakson yang benar adalah untuk memberikan tanda ketika ingin mendahului mobil lain atau menyalip. Cukup bunyikan klakson satu kali saja, karena jika membunyikan klakson berkali-kali justru bisa mengundang emosi dari pengendara mobil lain tersebut. 

 

Memperingatkan Penyebrang Jalan Sembarangan

Di Indonesia masih banyak pejalan kaki yang sering menyebrang jalan tidak pada tempatnya dan ini pasti mengganggu pengendara mobil. Untuk mengingatkannya kamu bisa membunyikan klakson tapi cukup dua kali saja. Agar tidak membuat pejalan kaki tersebut menjadi emosi akibat bunyi klakson kamu yang berkali-kali. 

 

Tidak Membunyikan Klakson di Malam Hari

Pada malam hari sebaiknya tidak perlu membunyikan klakson untuk memberikan tanda kepada pengendara lain. Pasalnya saat hari gelap, kamu bisa menggunakan lampu jauh saja untuk berkomunikasi dengan pengguna jalan yang lain. 

 

Klakson Sebagai Ucapan Terima Kasih

Klakson juga bisa menjadi ucapan terima kasih, terutama ketika kamu sudah di beri kesempatan untuk menyalip pengendara lain yang ada di depan. Kamu bisa membunyikan klakson setengah kali pada bunyi yang lembut. Umumnya kamu juga akan mendapat balasan klakson juga.

 

Jangan Membunyikan Klakson di Tempat-Tempat Ini

Bunyi klakson ada bermacam-macam. Ada yang berbunyi lembut dan sopan ini akan membuat pengendara lain simpatik, namun ada juga yang berbunyi keras bisa melahirkan salah paham dan emosi pengendara lain. Apalagi ketika kamu berkendara di kemacetan yang mudah menyulut emosi orang lain. 

Selain itu juga sebaiknya ketika kamu sedang melewati sekitar rumah ibadah disarankan untuk tidak membunyikan klakson karena itu dianggap tidak memiliki toleransi atau intoleran oleh warga sekitar, selain itu bunyi klakson juga bisa mengganggu orang yang sedang beribadah di tempat tersebut. Jadi jangan membunyikan klakson di area peribadahan.

Satu lagi yang seringkali terjadi raungan bunyi klakson adalah saat di lampu lalu lintas. Ketika berhenti di lampu lalu lintas yang dari merah berubah ke hijau, banyak pengendara yang langsung membunyikan klaksonnya supaya pengendara lain langsung cepat jalan. Nah hal itu sebaiknya tidak kamu lakukan ya, karena seolah-olah kamu meneriaki mereka untuk segera maju. Gunakan klakson yang singkat saja jika kendaraan di depan kamu tidak segera jalan. Hal ini menjadi pengingat yang lebih sopan.

Nah sekarang kamu sudah tau bagaimana cara menggunakan klakson yang benar. Selain cara menggunakan klakson, salah satu hal yang tak kalah penting adalah bagaimana cara menggunakan dongkrak dengan benar. Untuk itu baca juga "Cara Menggunakan Dongkrak Dengan Benar" , agar jika nantinya terjadi hal-hal yang tidak diinginkan saat berkendara dan kamu harus menggunakan dongkrak, kamu tidak mengalami kesulitan yang berarti.

Live Chat
Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan