×

blog/7-tips-bersihkan-jok-mobil-berbeda-bahan

7 Tips Bersihkan Jok Mobil Berbeda Bahan

17 Des 2019

Jok jadi bagian yang wajib ada di tubuh sebuah mobil, letaknya ada di bagian kabin. Keberadaan jok juga memberikan rasa nyaman karena menjadi tempat duduk, baik untuk pengemudi maupun penumpang.

Namun Anda harus tahu, kalau jok perlu dilakukan perawatan dengan cara dibersihkan. Sebab, jok bisa saja kotor atau kusam karena noda yang dibawa ketika membuka pintu dan jendela, atau penumpang lantaran makanan dan minuman yang tumpah di jok.

Tentunya kotoran yang menempel di jok lama kelamaan menjadi sarang penyakit. Oleh karena itu, ada baiknya dibersihkan.

Oh iya, untuk membersihkan jok bisa juga loh dilakukan sendiri, dengan alat-alat yang mudah didapat, mulai dari air, vacuum cleaner, deterjen, spons, ember, hingga kain lembut.

Namun begitu, untuk membersihkan jok tidak boleh asal-asalan. Sebab, bahan atau material sebuah jok bisa berbeda-beda satu dan lainnya. Seperti ulasan berikut:

 

1. Jok berbahan kulit

Jok dengan bahan kulit biasanya memang akan lebih elegan dan halus. Namun untuk membersihkan jok kulit memang berbeda atau sedikit ribet.
Jok berbahan kulit langkah pertama harus dibersihkan dengan vacuum cleaner, kemudian bersihkan dengan sabun khusus dibantu dengan kain lembut.
Setelah itu, oleskan cairan khusus atau kondisioner untuk melakukan perawatan. Baiknya, kondisioner khusus jok kulit berbahan dasar air dengan pH normal, sebab jika kondisioner berbahan minyak justru menempel di bahan kulit.

 

2. Jok berbahan tenun

Jok berbahan tenun juga beda lagi cara membersihkan, namun hal itu lebih mudah karena bisa menggunakan sabun cuci piring.ya, langkah pertama yaitu mencampurkan cairan pencuci piring dengan air, kemudian semprotkan ke bagian jok, setelah itu gosok secara lembut.
Langkah berikutnya yaitu bilas dan gosok lembut menggunakan kain berserat mikro untuk mempercepat pengeringan.

Cara selanjutnya juga bisa menggunakan sabun mandi yang sudah diserut dan tambahkan dua sendok makan boraks ke dalam air yang sudah dicampur sabun. Kemudian aduk perlahan dan tambahkan dua cangkir air hangat hingga berbusa.

Jika sudah siap, lalu bersihkan ke bagian jok kemudian sikat dengan halus. Setelah itu, bilas bagian jok yang terkena noda dengan lap bersih dan air hangat.

 

3. Jok berbahan Vinyl

Jok berbahan vinyl disebut paling mudah untuk dibersihkan. Sebab bahan yang digunakan untuk membersihkan jok bahan ini perlengkapan dan peralatannya mudah didapat, seperti halnya cairan pembersih kaca atau bisa juga dengan soda yang dicampur air dan pasta gigi.

Cairan yang sudah dicampur ini dicipratkan ke bagian jok kemudian digosok bisa juga menggunakan sikat gigi. Setelah itu, bilas dengan sabun dan air, lalu lap hingga kering menggunakan kain lembut.

 

4. Jok berbahan kulit semi sintetis

Jok dengan bahan kulit sintetis memang teksturnya mirip dengan bahan kulit asli. Akan tetapi untuk perawatannya lebih mudah karena pada dasarnya tidak mudah kotor, serta tidak mudah air menyerap.

Untuk membersihkan jok kulit sintetis disarankan tidak menggunakan alcohol agar warna tidak cepat pudar. Sebaliknya, cukup menggunakan air bercampur sabun, kemudian diseka dengan kanebo.
Alternatif untuk membersihkan kulit jok berbahan kulit semi sintetis yaitu menggosokan dengan lap microfiber yang sudah dilumuri minyak kayu putih.

 

5. Jok berbahan Polyster

Jok dengan bahan Polyester biasanya digunakan sebagai cover seat. Untuk cara membersihkan jok dengan bahan ini cukup menggunakan air yang dicampur sabun.

Sebelum menggosoknya dengan campuran cairan, ada baiknya bersihkan kotorannya menggunakan vacuum cleaner.

 

6. Jok berbahan Nylon

Jok dengan bahan nilon juga disebut bahan jenis fabric. Nah, jok dengan bahan ini lebih mudah menyerap kotoran yang bentuknya cair.

Oleh karena itu, jika terkena noda cair, maka segera lap dengan kain kering agar cepat menyerap dan diusapkan pada bagian tersebut agar noda hilang.

Sedangkan jika terkena noda kering, bersihkan terlebih dahulu dengan menggunakan vacuum cleaner.

 

7. Jok terkena noda tinta

Pada dasarnya noda yang paling susah dihapus yaitu jika terkena tinta. Biasanya, jok yang terkena tinta disebabkan oleh tangan iseng seorang bocah cilik.

Namun untuk mengurangi coretan tinta baiknya langsung dibersihkan dengan cara menggunakan hairspray atau obat gosok berbahan dasar alkohol yang dicampur air.

Pastikan, tinta yang sedang dibersihkan tidak menyebar ke bagian lainnya. Karena itu, lap noda tinta dengan hati-hati menggunakan kain lembab.

×

Mau credit mobil TDP cuma 16 juta? Chat kami sekarang!

Live Chat
Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan